Selain di Mesir, Ini 5 Piramida Kuno yang Jarang Diketahui Orang

Rabu, 02 Oktober 2024 - 15:35 WIB
loading...
A A A

3. Piramida Cholula

Selain di Mesir, Ini 5 Piramida Kuno yang Jarang Diketahui Orang


Piramida Agung Cholula di Meksiko meskipun diakui oleh Guinness Book of Records sebagai piramida terbesar di dunia dalam hal volumenya, tidak banyak orang yang pernah mendengarnya.

Terletak di pinggiran kota Puebla, piramida ini didedikasikan untuk Quetzalcoatl, salah satu dewa terpenting dalam panteon Mesoamerika, dan pada masa pra-Kolombia, Cholula adalah kota besar dan pusat keagamaan dataran tinggi Meksiko.

Pembangunan kuil dimulai pada abad ke-2 SM dan melalui beberapa tahap sebelum mencapai bentuk akhirnya. Sekitar tahun 1100 M, kota itu jatuh ke tangan Toltec-Chichimecas, dan piramida ditinggalkan karena kuil-kuil baru dibuat.

Selama berabad-abad, ia tertutup tanah dan vegetasi dan baru pada tahun 1910, ketika pihak berwenang mulai membangun rumah sakit jiwa, 'bukit alami' tersebut ditemukan menjadi rumah bagi sebuah piramida kuno.


4. Piramida Putih Legendaris Xian

Selain di Mesir, Ini 5 Piramida Kuno yang Jarang Diketahui Orang


Di dataran yang terisolasi dan datar di Provinsi Shaanxi, dekat ibu kota kuno Xi'an, terdapat puluhan gundukan piramida spektakuler yang sedikit diketahui orang di luar China. Bercampur dengan kenyataan makam-makam yang mengesankan ini, adalah legenda piramida putih raksasa setinggi 304,8 meter yang akan mengalahkan bahkan Piramida Agung Giza.

Sejumlah peneliti meyakini penampakan udara dari 'Piramida Putih Xi'an' sesuai dengan Mausoleum Maoling, makam Kaisar Wu dari Han, yang lain berpendapat bahwa piramida legendaris itu belum ditemukan.

Laporan penampakan piramida putih raksasa di China dapat ditelusuri kembali lebih dari satu abad hingga entri buku harian agen perjalanan dan pedagang Amerika Fred Meyer Schroder, yang melihat piramida raksasa di kejauhan saat berjalan dengan pemandu biksu Buddha di Provinsi Shaanxi pada tahun 1912.

Schroder memperkirakan tingginya setidaknya 300 meter dengan sisi 500 meter. Dimensi seperti itu akan memberikan struktur volume sepuluh kali lebih besar dari Piramida Agung di Mesir. Panduan Mongolia Schroder, Bogdo, memberitahunya bahwa piramida tersebut berusia setidaknya 3.000 tahun dan informasi tentangnya tercatat dalam dokumen biara kuno dan terkenal dalam legenda setempat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)