Dijual Bebas di Indonesia, Inilah Peran Penting Burung Kolibri untuk Alam

Minggu, 06 Oktober 2024 - 10:32 WIB
Dijual Bebas di Indonesia,...
Burung Kolibri di salah satu kios burung. Foto/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Saat ini, diprediksi ada 360 spesies burung kolibri yang diketahui di dunia, kolibri banyak ditemukan hampir di setiap wilaya termasuk di Indonesia. Nama mereka berasal dari suara dengungan yang mereka hasilkan saat mengepakkan sayap dengan cepat, yang memungkinkan mereka melayang di udara.

Burung kolibri merupakan keluarga burung paling beragam kedua di dunia setelah burung tyrant flycatcher burung ini di Amerika sangat dilindungi karena sangat membantu eksosistem lingkungan.

Namun berbeda dengan di Indonesia. burung kolibri di Indonesia diperjualbelikan, permintaan yang tinggi terhadap burung kolibri memicu perburuan liar. Burung kolibri yang ditangkap biasanya dikirim ke Pulau Jawa.

Seperti dilansir dari Avian Report, burung kolibri dianggap sangat penting untuk keseimbangan alam karena kolibri sebagian besar memakan nektar dari bunga dan melengkapi makanannya dengan serangga.

Sebagian besar spesies memiliki paruh lurus atau sedikit melengkung dan tidak memiliki spesialisasi pada jenis bunga tertentu.

Yang lain berevolusi bersama dengan jenis bunga yang jauh lebih sempit dan telah mengembangkan paruh yang panjang dan melengkung, sangat pendek dan tipis, seperti sabit, dan berukuran sangat panjang. Paruh yang sesuai dengan bentuk bunga dan kedalaman mahkota bunga lebih mampu memperoleh nektar dari bunga-bunga tersebut.

Burung kolibri dapat melihat spektrum warna yang lebih luas daripada serangga, sehingga dapat menemukan lebih banyak bunga daripada serangga secara visual.

Bunga yang menarik burung kolibri sebagai penyerbuk menghasilkan nektar yang relatif lemah (kadar gula rendah), mungkin agar burung kolibri kembali ke bunga untuk mendapatkan lebih banyak. Oleh karena itu, meningkatkan kemungkinan tanaman untuk diserbuki silang.

Bunga yang memiliki serangga sebagai penyerbuk silang menghasilkan nektar dengan konsentrasi nektar yang lebih tinggi dalam volume yang rendah. Nektar yang lebih manis membuat serangga tetap berada di dalam bunga untuk waktu yang lama, sehingga meningkatkan kemungkinan penyerbukan silang pada tanaman.

Ada kesalahpahaman bahwa burung kolibri hanya memakan nektar. Meskipun nektar merupakan bagian penting dari makanan burung kolibri, mereka juga memakan banyak nyamuk, agas, lalat buah, dan laba-laba.

Nektar diproduksi oleh bunga untuk menarik burung dan serangga sebagai penyerbuk silang. Namun, nektar kekurangan nutrisi sehingga perlu untuk melengkapi makanan mereka dengan serangga.

Burung kolibri memiliki indera perasa yang berkembang dengan baik dan dapat mengenali nektar dengan berbagai konsentrasi gula dan, akibatnya, nilai energinya.

Penelitian telah menemukan bahwa burung kolibri lebih menyukai bunga dengan konsentrasi gula yang tinggi dan akan mengabaikan bunga yang menawarkan nektar dengan konsentrasi gula kurang dari 10%.