Unik, Ilmuwan Temukan Burung Kicau Separuh Jantan dan Separuh Betina

Jum'at, 08 Maret 2024 - 15:09 WIB
loading...
Unik, Ilmuwan Temukan Burung Kicau Separuh Jantan dan Separuh Betina
Burung madu hijau yang ditemukan di Kolombia menunjukkan fenomena biologis langka gineandromorfisme bilateral. (Foto: New York Times)
A A A
JAKARTA - Seekor burung madu hijau yang ditemukan di sebuah peternakan di Kolombia menunjukkan fenomena biologis langka yang dikenal sebagai gineandromorfisme bilateral. Yaitu, betina di satu sisi dan jantan di sisi lainnya.

"Ini sungguh luar biasa. Kami beruntung bisa melihatnya," kata Dr. Hamish Spencer, ahli biologi evolusi di Universitas Otago di Selandia Baru, dilansir dari New York Times, Jumat (8/3/2024).

Burung kicau kecil ini sejatinya umum ditemui di hutan mulai dari selatan Meksiko hingga Brasil. Namun burung madu hijau tertentu memiliki bulu yang sangat tidak biasa. Sisi kiri tubuhnya tertutup bulu hijau mengkilap, warna klasik untuk betina. Sisi kanannya, berwarna biru berkilau, tanda khas dari jantan. Burung ini betina di satu sisi dan jantan di sisi lainnya.

Gineandromorfisme telah didokumentasikan pada berbagai burung, serta serangga, krustasea, dan organisme lainnya. Namun, ini adalah fenomena yang relatif jarang dan kurang dipahami. Burung yang dilihat Dr. Spencer di Kolombia hanya merupakan kasus kedua yang diketahui dari gineandromorfisme bilateral pada burung madu hijau, yang pertama didokumentasikan di alam liar. "Satu-satunya contoh sebelumnya dilaporkan lebih dari seabad yang lalu dan didasarkan pada spesimen museum," kata Dr. Spencer.



Burung itu menampilkan pola yang berlawanan, dengan bulu betina di sisi kanan dan bulu jantan di sisi kiri. Belum jelas bagaimana kondisi ini terjadi, tetapi salah satu teori menyatakan bahwa hal itu terjadi akibat kesalahan selama produksi sel telur pada burung betina. Burung betina memiliki dua kromosom seks yang berbeda, ditunjuk sebagai W dan Z, sedangkan burung jantan memiliki dua kromosom Z. Kesalahan selama produksi sel telur bisa menghasilkan dua sel yang menyatu atau tidak terpisah sepenuhnya, satu dengan kromosom W dan satu dengan kromosom Z.

Jika sel-sel yang menyatu itu dibuahi oleh dua sperma yang berbeda, masing-masing membawa kromosom Z, hasilnya mungkin adalah burung dengan kromosom WZ dari burung betina di beberapa sel dan kromosom ZZ dari burung jantan di sel lainnya. "Jadi Anda mendapatkan burung yang separuh betina dan separuh jantan," kata Dr. Spencer.

John Murillo, seorang ornitolog amatir yang memiliki sebuah peternakan kecil dan cagar alam di Kolombia, pertama kali melihat burung madu gineandromorfik pada Oktober 2021. Burung itu menjadi pengunjung tetap di tempat pemberian makan burung peternakan, yang diisi dengan buah segar dan air gula. Ketika Dr. Spencer dan tur pengamat burungnya tiba di peternakan itu lebih dari setahun kemudian, Mr. Murillo menunjukkan burung yang tidak biasa itu dan berbagi beberapa foto yang telah dia ambil.

"Ini adalah foto terbaik dari burung gineandromorfik liar yang pernah saya lihat. Dunia perlu melihat ini," kata Dr. Spencer.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)