Peneliti Temukan Bukti Keberadaan Alien di Planet Venus

Sabtu, 19 September 2020 - 10:15 WIB
Padahal, planet yang asam dan panasnya cukup untuk melelehkan timah tersebut belum menjadi salah satu tempat utama di tata surya yang dicari para peneliti untuk menemukan kehidupan asing. “Ini pasti akan menjadi lingkungan yang sangat mengerikan,” kata Lewis Dartnell, seorang astrobiologis dari Universitas Westminster. (Baca juga: 4 Jenis Olahraga Ini Efektif Turunkan Kadar Kolesterol)

Dartnell berpendapat bahwa tidak ada astrobiologi yang akan menempatkan Venus pada daftar urutan teratas adanya kehidupan. Ia menyarankan untuk merujuk pada planet lain seperti Jupiter dan Mars.

Untuk memastikan adanya fosfin di Venus, para peneliti melanjutkan pengamatannya menggunakan teleskop James Clerk Maxwell di Amerika Serikat dan teleskop Alma di Chile (yang terbesar di dunia). Tanda unik dapat dilihat dalam data adalah sekitar 20 bagian per miliar awan di Venus terdiri dari fosfin.

“Ini adalah eksperimen murni yang dibuat dari keingintahuan, memanfaatkan teknologi canggih teleskop James Clerk Maxwell, dan memikirkan tentang instrumen masa depan,” kata Jane Greaves.

Terobosan ini muncul setelah sebuah makalah besar yang diterbitkan pada tahun lalu menunjukkan bahwa fosfin mungkin merupakan tanda kehidupan yang pasti. Penelitian di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) menemukan bahwa jika fosfin ditemukan di planet berbatu, itu akan menjadi tanda adanya kehidupan alien. (Baca juga: Inggris, Prancis, dan Jerman Kecam Klaim China Atas Laut China Selatan)

“Di Bumi, oksigen adalah tanda kehidupan yang sangat mengesankan, penting untuk mempertimbangkan molekul asing yang mungkin tidak dibuat sesering mungkin, tetapi jika Anda menemukannya di planet lain, hanya ada satu penjelasan,” kata Clara Sousa-Silva, peneliti di Departemen Ilmu Bumi, Atmosfer, dan Planet MIT.

Para ilmuwan sekarang berharap untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna memahami proses yang terjadi di Venus. Apakah masih ada penjelasan yang belum ditemukan untuk fosfin yang tidak mengarah pada kehidupan asing?

Perubahan dari waktu ke waktu akan memberi lebih banyak petunjuk tentang dari mana gas fosfin berasal. Ini menjadikan para ilmuwan harus mengamati perubahan jumlah fosfin sepanjang tahun. (Baca juga: Penjelasan Satgas Soal Angka Kematian Corona Simpang Siur)

Selain pengamatan dari Bumi, para peneliti ingin mengirim pesawat ruang angkasa ke Venus untuk mempelajari atmosfer secara langsung. Pesawat akan melayang di atmosfer dan memeriksa apa yang ditemukan di sana.

“Jika kita ingin memastikan kehidupan di awan Venus, maka yang benar-benar perlu kita lakukan adalah mengirim pesawat ruang angkasa untuk mempelajari atmosfer secara mendetail,” kata Emily.