Inilah Kemampuan Eurofighter Typhoon, Su-35, dan F-35 yang Mau Dibeli Indonesia

loading...
Inilah Kemampuan Eurofighter Typhoon, Su-35, dan F-35 yang Mau Dibeli Indonesia
Indonesia masih belum memutuskan apakah akan memperkuat TNI AU dengan Eurofighter Typhoon, Sukhoi Su-35, atau F-35 besutan. Foto/YouTube/Capture
JAKARTA - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, sedang gencar ingin membeli pesawat tempur generasi kelima dari luar negeri. (Baca juga: MiG dan Sukhoi Berkolaborasi Bikin Jet Tempur Generasi Ke-6 Rusia)

Terakhir, diberitakan bahwa Menhan akan membawa pulang Eurofighter Typhoon dari Austria. Sebelumnya pemerintah dikabarkan mengincar Su-35 dari Rusia dan F-35 besutan Amerika Serikat (AS).

Eurofighter Typhoon
Pesawat tempur ini merupakan hasil rakitan kolaborasi dari empat negara Eropa, yaitu Inggris, Jerman, Italia, dan Spanyol.
Inilah Kemampuan Eurofighter Typhoon, Su-35, dan F-35 yang Mau Dibeli Indonesia

Eurofighter Typhoon mampu melaju dengan kecepatan maksimal Mach 2.0, Thrust 90kN dan ketinggian maksimal 16.764 kilometer. Pesawat combatan ini memiliki panjang 15,96 meter.

Eurofighter Typhoon disebut menggunakan bahan komposit mutakhir, agar tidak mudah terdeteksi radar sekaligus menciptakan rangka yang kokoh.



Hanya 15% permukaan pesawat yang menggunakan bahan logam, membuat Eurofighter Typhoon berfungsi dengan baik untuk operasi senyap dan terlindung dari deteksi radar. Dari sisi senjata, Eurofighter Typhoon dibekali dengan Short Range Air-to-Air Missiles (SRAAM) dan Mauser Cannon kaliber 27 milimeter.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan teknologi beyond-visual-range (BVR) Air-to-Air missile. Persenjataan ini diklaim memberi keuntungan lebih dalam duel udara.

Sukhoi Su-35
Selain Eurofighter Typhoon, sebelumnya Indonesia juga ramai diberitakan akan membeli Sukhoi SU-35. Sejatinya pembeliannya sudah memiliki kata sepakat, tapi bayang-bayang sanksi AS membuat pemerintah belum mengeksekusinya.
Inilah Kemampuan Eurofighter Typhoon, Su-35, dan F-35 yang Mau Dibeli Indonesia

Pesawat ini memiliki satu tempat duduk. Pesawat tempur buatan Rusia ini memiliki tiga fungsi, yakni pertahanan, pengintaian, dan penyerangan.



Pesawat dengan berat maksimal 25,3 ton tersebut menggendong mesin Saturn AL-41F1S. Dengan mesin itu, Su-35 dapat melesat hingga kecepatan maksimal 760 knot atau 1407,52 kilometer per jam.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top