Terungkap, COVID-19 Picu Sistem Kekebalan Pasien Menyerang Tubuhnya Sendiri

Kamis, 29 Oktober 2020 - 22:12 WIB
loading...
A A A
Hasilnya sangat mencolok. Lebih dari setengah 52 pasien dinyatakan positif autoantibodi. Pada pasien dengan tingkat protein c-reaktif tertinggi (penanda peradangan) dalam darah, lebih dari dua pertiga menunjukkan bukti bahwa sistem kekebalan mereka memproduksi antibodi yang menyerang jaringan mereka sendiri.

Meskipun temuan ini menimbulkan kekhawatiran, ada beberapa hal yang tidak diungkapkan oleh data tim peneliti. Meskipun pasien dengan penyakit parah secara jelas menampilkan respons autoantibodi, data tersebut tidak memberi tahu penelitis sejauh mana autoantibodi ini berkontribusi pada gejala paling parah COVID-19.

Bisa jadi penyakit virus yang parah secara rutin menghasilkan produksi autoantibodi dengan sedikit konsekuensi. "Ini mungkin pertama kalinya kami melihatnya. Kami juga tidak tahu berapa lama autoantibodi bertahan. Data kami menunjukkan bahwa mereka relatif stabil selama beberapa pekan," paparnya.

Namun, pihaknya memerlukan studi lanjutan untuk memahami apakah studi tersebut terus berlanjut secara rutin setelah pemulihan infeksi. Yang penting, dirinya yakin bahwa tanggapan autoreaktif yang diidentifikasi di sini khusus untuk infeksi SARS-CoV-2. Jadi tidak ada alasan untuk percaya bahwa hasil serupa akan diharapkan melalui vaksinasi terhadap virus.

Memahami Peran Autoantibodi dalam COVID-19
Meskipun ada kemungkinan autoantibodi ini jinak, atau bahkan membantu dengan cara yang belum teridentifikasi, ada kemungkinan juga tidak. Mungkin respons antibodi yang ditargetkan sendiri ini memang berkontribusi pada keparahan penyakit, membantu menjelaskan timbulnya gejala parah yang tertunda pada beberapa pasien yang mungkin berkorelasi dengan produksi antibodi.

Ini bisa menjadi alasan bahwa pengobatan dengan deksametason, suatu imunosupresan yang sering digunakan untuk memadamkan "flare-up" gangguan autoimun, mungkin efektif dalam mengobati pasien dengan penyakit yang paling parah saja.

Yang paling memprihatinkan, ada kemungkinan respons ini dapat bertahan lama pada beberapa pasien, mengakibatkan munculnya gangguan autoimun permanen baru. (Baca juga: Siasat Mendag Melecut Perdagangan Produk Halal Indonesia )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)