Rabu, 11 November 2020 - 18:19 WIB
Medusae Fossae ialah salah satu lokasi teraneh di Mars, dengan beberapa orang bahkan berspekulasi bahwa tempat itu menyimpan bukti semacam kecelakaan UFO. Penjelasan yang lebih mungkin adalah itu merupakan deposit vulkanik yang sangat besar, sekitar seperlima dari ukuran Amerika Serikat.

Seiring waktu, angin membentuk bebatuan menjadi beberapa formasi yang indah, tapi para peneliti perlu studi lebih lanjut untuk mempelajari bagaimana gunung berapi ini membentuk Medusae Fossae. Sebuah studi pada 2018 menunjukkan formasi tersebut mungkin terbentuk dari letusan gunung berapi sangat besar yang terjadi ratusan kali selama 500 juta tahun. Letusan ini akan menghangatkan iklim Planet Merah karena gas rumah kaca dari gunung berapi melayang ke atmosfer.

7. Lereng Lineae di Kawah Hale

Model garis lereng berulang. Foto/NASA/JPL-Caltech/Univ Of Arizona

Mars memiliki fitur aneh yang disebut garis lereng berulang, yang cenderung terbentuk di sisi kawah curam selama cuaca hangat. Sulit untuk mengetahui apa itu RSL. Gambar yang ditampilkan di sini dari Kawah Hale (serta lokasi lain) menunjukkan titik-titik di mana spektroskopi mengambil tanda-tanda hidrasi.

Pada 2015, NASA awalnya mengumumkan bahwa garam terhidrasi pasti merupakan tanda air mengalir di permukaan. Namun penelitian selanjutnya mengatakan RSL dapat terbentuk dari air atmosfer atau aliran pasir yang kering.

Pada kenyataannya, kita mungkin harus mendekati RSL untuk melihat apa sifat asli mereka. Tetapi ada kesulitan -jika RSL memang menampung mikroba asing, kita tidak ingin terlalu dekat jika terjadi kontaminasi. Sementara NASA mencari cara untuk menyelidiki di bawah protokol perlindungan planetnya, penjelajah manusia di masa depan mungkin harus mengagumi fitur misterius ini dari jauh, menggunakan teropong.

8. 'Ghost Dunes' di Noctis Labyrinthus dan Cekungan Hellas

Jejak kaki bukit pasir Mars. Foto/NASA/JPL/Universitas Arizona

Mars adalah planet yang sebagian besar dibentuk oleh angin saat ini, karena air menguap saat atmosfernya menipis. Tapi kita bisa melihat bukti ekstensif dari air DI masa lalu, seperti daerah "bukit pasir hantu" yang ditemukan di Noctis Labyrinthus dan cekungan Hellas.

Peneliti, mengatakan, daerah ini dulunya memiliki bukit pasir yang tingginya puluhan meter. Belakangan, bukit pasir dibanjiri oleh lahar atau air, yang menjaga basis mereka sementara puncaknya terkikis. (Baca juga: Anies Baswedan dan Rizal Ramli Tak Dapat Tanda Jasa dan Kehormatan dari Jokowi, Kenapa? )

Bukit pasir tua seperti ini menunjukkan bagaimana angin dulu mengalir di Mars kuno, yang pada gilirannya memberi beberapa petunjuk ahli iklim tentang lingkungan kuno Planet Merah. Dalam putaran yang lebih menarik, mungkin ada mikroba yang bersembunyi di area terlindung di bukit pasir ini, aman dari radiasi dan angin yang akan menyapu mereka.