Sejarah Panjang Manusia Mengonsumsi Minuman Beralkohol di Dunia

Jum'at, 13 November 2020 - 23:54 WIB
loading...
Sejarah Panjang Manusia Mengonsumsi Minuman Beralkohol di Dunia
Pembuatan alkohol dimulai dengan cara yang terorganisir sekitar 10.000 tahun yang lalu, ketika minuman fermentasi diproduksi dari madu dan ragi liar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Minuman beralkohol (minol) sudah lama ada di tengah kehidupan masyarakat . Memiliki sejarah panjang, produksi minol diperkirakan sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu. (Baca juga: Soal RUU Minol, Polri: Sejak 2018-2020 Ada 223 Kasus Pidana Terkait Alkohol )

Menurut laman Narconon, kemungkinan produksi alkohol dimulai ketika para petani awal mencatat fermentasi yang terjadi pada buah yang jatuh. Mereka menganggap rasa bersoda dan aroma tajam pada buah yang jatuh itu menyenangkan.

Percobaan dan kesalahan menggunakan buah dan biji-bijian yang berbeda akhirnya menghasilkan formula yang dapat disempurnakan. Lalu diulangi hingga akhirnya menghasilkan minuman beralkohol.

Pembuatan alkohol dimulai dengan cara yang terorganisir sekitar 10.000 tahun yang lalu, ketika minuman fermentasi diproduksi dari madu dan ragi liar. Pada 6000 SM, tanaman anggur dibudidayakan di pegunungan antara Laut Hitam dan Laut Kaspia dengan tujuan pembuatan wine. Dalam 2000 tahun berikutnya, Mesopotamia (sekarang Irak) memiliki perusahaan pembuatan anggur yang berkembang pesat.

Ketika Mesir mencapai puncaknya sekitar 3000 SM, produksi dan pengiriman anggur ke seluruh Mediterania adalah bisnis yang menjanjikan.

Bangsa Romawi membuat anggur dari anggur liar yang tumbuh di pedesaan —anggur dengan ragi yang diperlukan untuk fermentasi yang sudah tumbuh di kulit mereka. Sekitar 1500 SM, Dewa Romawi Dionysus mulai muncul dalam literatur. Dionysus (Bacchus dalam mitos Yunani) adalah Dewa Panen Anggur dan Pembuatan Anggur.

Kultus tumbuh di sekitar keyakinan bahwa anggur dapat digunakan dalam ritual untuk kembali menjadi suci. Bahkan saat ini kata “bacchanal” digunakan untuk menggambarkan perayaan mabuk. Ritual Dionysian menjadi tidak terkendali setelah menyebar ke Italia, dan itu dilarang oleh Senat.

Pesta mabuk yang meningkat mulai membuat kemunduran Romawi dalam kesederhanaan dan kejujuran serta peningkatan ambisi, korupsi, dan kebiasaan minum alkohol yang berat.

China Lebih Dahulu
Ada kemungkinan bahwa minuman beralkohol digunakan di China jauh sebelum digunakan di Barat. Diperkirakan bahwa minuman beralkohol digunakan sebagai bagian dari acara perayaan, saat mengambil sumpah jabatan atau pergi berperang, serta acara-acara seperti kelahiran, kematian, dan pernikahan.

Sementara moderasi secara resmi didorong pada 1116 SM, perbendaharaan China terus digemukkan oleh penjualan alkohol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)