SpaceX Crew-1 Dragon Sukses Meluncur, Era Baru Pasca-Pesawat Ulang Alik Dimulai

Senin, 16 November 2020 - 15:29 WIB
loading...
A A A
NASA memilih SpaceX dan Boeing sebagai penyedia taksi antariksa masa depan. Kedua perusahaan ini telah bekerja untuk membangun pesawat ruang angkasa yang mampu membawa awak dengan aman, di bawah kontrak senilai total USD6,8 miliar.

Setelah beroperasi, kendaraan mereka -Crew Dragon SpaceX dan Boeing's CST-100 Starliner- akan menjadi sarana utama NASA mengangkut astronot ke luar angkasa.

Sejak penerbangan pesawat ulang-alik terakhir mendarat, setiap astronot yang menuju pos luar orbit telah menumpang pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia. Sekarang, penerbangan ini menandai penerbangan resmi pertama dari kapsul Crew Dragon. Selama penerbangan menjelang penerbangan hari ini, NASA mensertifikasi pesawat ruang angkasa untuk membawa astronot ke dan dari stasiun luar angkasa secara teratur.

Space.com melaporkan, keempat astronot tersebut berangkat dari landasan peluncuran bersejarah 39A di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida. Ini adalah landasan peluncuran yang sama dengan tempat peluncuran astronot Apollo 11 ke Bulan dan juga menjadi tempat peluncuran pesawat ulang-alik pertama dan terakhir. Faktanya, total 82 peluncuran pesawat ulang-alik meninggalkan planet ini dari landasan itu.

Warisan itu juga terwakili dalam tambalan misi. Tidak ada nama atau bendera. Sebaliknya kapsul memiliki simbol di tepi bawah untuk memberi penghormatan kepada empat pesawat ruang angkasa AS sebelumnya yang membawa astronot -Pesawat Ulang-alik, Apollo, Gemini dan Mercury.

Setelah serangkaian pemeriksaan sistem, kru mendeteksi potensi kebocoran di palka pesawat ruang angkasa. Tim menghabiskan beberapa menit untuk memecahkan masalah ini sebelum mereka membersihkan pad. Menurut siaran web tersebut, mungkin ada sepotong kecil puing di segel palka, yang akan dihilangkan sebelum kru disegel di dalam. Mereka kemudian mempersenjatai sistem pembatalan Crew Dragon segera setelah itu.

Sistem itu adalah komponen penting untuk menjaganya tetap aman. SpaceX kemudian mulai mengisi bahan bakar roket dengan oksigen cair dan minyak tanah yang sangat dingin 45 menit sebelum lepas landas.

Tetapi sebelum kru dapat terbang, SpaceX harus membuktikan bahwa kapsul Crew Dragon-nya dapat membuat astronot tetap aman selama penerbangan. Salah satu pelajaran yang didapat dari hilangnya pesawat ulang-alik Challenger pada 1986 adalah semua kendaraan awak di masa depan akan membutuhkan sistem penyelamatan darurat, yang tidak dimiliki pesawat ulang-alik tersebut.

Meskipun anomali dalam penerbangan jarang terjadi, NASA perlu memastikan bahwa, jika salah satu roket Falcon 9 SpaceX mengalami anomali, astronotnya masih akan dibawa pulang dengan selamat. Karena itu, SpaceX mendemonstrasikan cara kerja sistem dalam penerbangan awal tahun ini.

Setelah misi aborsi dalam pesawat yang sukses, SpaceX meluncurkan dua astronot, Bob Behnken dan Doug Hurley dalam uji terbang ke ISS. Selama penerbangan itu, duo ini menempatkan pesawat ruang angkasa Dragon melalui langkahnya dan menghabiskan sekitar 10 minggu di stasiun sebelum mendarat di Teluk Meksiko pada 2 Agustus. (Baca juga: Inilah Merpati Termahal di Dunia, Terjual Rp26,7 Miliar )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)