Pakai Teknologi Canggih, Vaksin Moderna Dirancang Hanya 2 Hari

Sabtu, 28 November 2020 - 07:39 WIB
loading...
A A A
Perusahaan seperti Novavax mengandalkan model berbasis protein untuk membuat kandidat vaksin virus Corona mereka. Tetapi bisnis Moderna telah berputar di sekitar mRNA sejak dimulai pada 2010.

Vaksin RNA menawarkan keuntungan besar yakni kecepatan. Karena diproduksi dalam tabung reaksi daripada dibudidayakan menggunakan sel, mereka lebih cepat diproduksi.

Tetapi vaksin memiliki kekurangan. Pertama, mereka mengharuskan orang mendapatkan dua suntikan. Pfizer mengirimkan dua bidikan dengan selang waktu tiga pekan, sementara peserta uji coba Moderna menerima dua bidikan dengan selang waktu empat pekan.

Vaksin juga sulit dikirim dan disimpan. Vaksin Pfizer harus dikirim pada suhu -94 derajat Fahrenheit, yang membutuhkan es kering dan freezer khusus. Sedangkan Moderna membutuhkan suhu -4 derajat Fahrenheit, yang sedikit lebih dingin dari rata-rata freezer.

Yang jelas, nilai pasar Moderna telah meningkat lebih dari 400% sejak Januari 2020, menjadi lebih dari USD40 miliar. (Baca juga: Khawatir Banjir Kiriman dari Bogor, Pemkot Jakarta Timur Buat Kampung Tangguh Bencana )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)