Arkeolog ini Menemukan Ukuran Tubuh Sebenarnya Goliat

Senin, 30 November 2020 - 16:56 WIB
loading...
Arkeolog ini Menemukan Ukuran Tubuh Sebenarnya Goliat
Kisah pertarungan Nabi Daud dan Goliat merupakan kisah yang sangat legendaris. Di kisah itu Goliat digambarkan sebagai sosok raksasa. Foto / IST
JAKARTA - Kisah pertempuran Nabi Daud dan Goliat sudah jadi cerita yang melegenda. Banyak orang kagum dengan pertempuran antar Nabi Daud dengan Goliat yang disebutkan tubuhnya bak raksasa. (Baca juga : Cermati, Riset Ini Umumkan Karakter Fisik Penular Super Covid-19 )I

Hanya saja sebuah penemuan arkeologi yang dilakukan oleh arkeolog Jeffrey Chadwick dari Brigham Young University, Provo, Utah justru mencoba mendiskusikan ulang mengenai ukuran tubuh Goliat.

Diketahui di perjanjian lama ukuran Goliat yang juga dikenal denga nama Jalut itu memang disebutkan sebagai Empat Cubits dan Satu Span. Hanya saja saat itu banyak orang yang menginterpretasikannya sebagai empat kali ukuran orang biasa. Padahal menurut Jeffrey Chadwick ukuran empat cubit dan satu span yang dimaksud dalam Kitab Injil Perjanjian Lama adalah 2,38 meter.

Arkeolog ini Menemukan Ukuran Tubuh Sebenarnya Goliat




Hal itu dia tegaskan kembali ketika berhasil menemukan lokasi reruntuhan wilayah dimana Goliat tinggal yakni Gath yang ada di Tell es-Shafi, Israel. Dia mengatakan dalam Perjanjian Lama ukuran Goliat bahkan secara metafora dikatakan ukuran dan kekuatannya sama dengan ukuran pilar di kota Gath. Di lokasi itu Jeffery Chadwick berhasil menemukan empat pilar benteng Gath yang ukuran lebarnya mencapai 2,38 meter.

"Penulis jaman dulu menghitung ukuran tubuh Goliath dengan cara membandingkannya dengan ukuran benda yang ada di wilayahnya. Untuk Goliat, dia digambarkan tiga besar dan kuat seperti pilar yang ada di kotanya tinggal," ucap Jeffrecy Chadwick. (Baca juga : Malam ini Gerhana Bulan Penumbra Terjadi, Cek Jadwalnya )

Hanya saja pendapat Jeffrey Chadwick ditentang oleh peneliti lainnya, Gary Arbino dari Gateway Seminary di Mill Valley, California, Amerika Serikat. Menurutnya Jeffrey Chadwick harus memperdalam lagi risetnya mengenai ukuran pilar kota Gath sebagai perbandingan ukuran tubuh Goliat. Namun dia setuju jika saat itu istilah empat cubit dan satu span yang ada di kitab Injil Perjanjian Lama menunjukkan kiasan besar dan kuat.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA