8 Pertanyaan Seputar Mutasi Virus Corona di Inggris dan Jawabannya

Jum'at, 25 Desember 2020 - 23:07 WIB
loading...
A A A
7. Akankah vaksin bekerja melawan virus baru?
Kebanyakan ahli berpendapat bahwa vaksin yang baru dikembangkan masih akan bekerja melawan varian baru di Inggris. Ketika vaksin menstimulasi sistem kekebalan, tubuh membangun gudang sel untuk mengikat banyak bagian virus yang berbeda. Mutasi di beberapa titik kemungkinan tidak akan cukup untuk membuat vaksin kurang efektif, menurut CDC.
8 Pertanyaan Seputar Mutasi Virus Corona di Inggris dan Jawabannya

CEO BioNTech, Ugur Sahin, menjelaskan, mengingat 99% protein pada varian baru identik dengan strain yang ditargetkan vaksin mRNA Pfizer-BioNtech (vaksin Moderna sangat mirip), maka sangat mungkin bahwa vaksin tersebut akan bekerja.

"Ada kemungkinan seiring waktu dapat muncul varian yang akan menghindari beberapa vaksin kami, serupa dengan bagaimana vaksin flu perlu diperbarui setiap tahun. Namun, vaksin mRNA baru dapat diperbarui untuk mencerminkan mutasi baru dalam waktu sekitar enam minggu," katanya kepada Financial Times.

8. Apa yang bisa kita lakukan untuk menghentikan ini?
Varian baru masih menyebar dengan cara yang sama seperti bentuk biasa dari virus Corona. Itu berarti hal yang sama yang telah dilakukan semua orang untuk mencegah penyebaran virus sejak Maret juga akan berhasil untuk varian baru Inggris. Yakni, mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik, masker, dan ventilasi yang baik.

Mematuhi aturan tersebut secara ketat dan menghindari acara yang tidak perlu akan membantu mencegah penyebarannya. (Baca juga: Suzuki Hadirkan Tujuh Corak Keren di GSX-R1000R 2020 )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)