Berbicara Lebih Banyak Menyebarkan Covid-19 Dibandingkan Batuk

Rabu, 20 Januari 2021 - 11:01 WIB
loading...
Berbicara Lebih Banyak Menyebarkan Covid-19  Dibandingkan Batuk
Ilustrasi penyebaran virus Corona. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Hasil reset Para ilmuwan dari University of Cambridge dan Imperial College London menyebutkan berbicara selama 30 detik tanpa masker di ruangan yang berventilasi buruk dapat menimbulkan risiko infeksi Covid19 yang lebih besar daripada batuk selama setengah detik di depan seseorang.



Sementara batuk dengan cepat menghasilkan lebih banyak tetesan besar, berbicara melepaskan lebih banyak tetesan kecil yang menggantung di udara selama satu jam, kata para ilmuwan dari University of Cambridge dan Imperial College London.

Baca Juga: Pemakaian Masker Secara Luas Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

Penulis utama Dr Pedro de Oliveira mengatakan kepada jurnal Proceedings of the Royal Society A: ‘Orang-orang sangat sadar akan risiko batuk, dan terbiasa melindungi orang lain dengan batuk ke lengan atau jaringan mereka,''

Para peneliti memperkirakan bahwa ruangan yang penuh dengan siswa di ruang kuliah, misalnya, dapat memiliki satu dari lima kemungkinan terinfeksi oleh pembicara yang berbicara tanpa ventilasi yang baik.

Studi tersebut menegaskan bahwa dalam beberapa detik pertama setelah itu terjadi, batuk memiliki risiko lebih besar daripada 30 detik berbicara.

Seseorang yang berdiri dalam jarak dua meter dari orang yang batuk dengan Covid memiliki hingga 50 persen kemungkinan terinfeksi, berkat kekuatan batuk dan tetesan besar yang dilepaskan.

Sebagai perbandingan, risiko penularan dari seseorang yang mengidap Covid adalah 10 persen dalam beberapa detik pertama.

Namun, meskipun setengah menit bicara dan setengah detik batuk menghasilkan jumlah cairan yang dihembuskan kira-kira sama, tetesan dari seseorang yang berbicara cenderung lebih kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)