COVID yang Menyebar Cepat Bisa Menghindari Respons Imun dari Vaksin Corona

Jum'at, 22 Januari 2021 - 10:32 WIB
loading...
A A A
Respons antibodi yang dibasahi terhadap varian seperti 501Y.V2 mungkin tidak terlalu menjadi masalah di dunia nyata, kata Marion Koopmans, ahli virologi di Erasmus Medical Center di Rotterdam, Belanda. "Anda dapat melihat beberapa perubahan dalam uji lab, yang tidak berpengaruh pada seseorang karena orang tersebut masih memiliki cukup antibodi untuk menetralkan infeksi," ujarnya.

"Sulit juga untuk menguraikan apakah infeksi ulang disebabkan oleh memudarnya respons kekebalan yang dipicu oleh infeksi pertama, atau efek mutasi," tambahnya.

Data yang Muncul
Petunjuk juga mulai muncul tentang bagaimana varian yang menyebar cepat yang diidentifikasi di Inggris Raya, yang dikenal sebagai B.1.1.7, berperilaku dalam penelitian serupa. Dalam eksperimen pseudovirus, para peneliti di perusahaan bioteknologi Jerman, BioNtech, menemukan bahwa mutasi lonjakan B.1.1.7 hanya berdampak kecil pada serum dari 16 orang yang menerima vaksin yang dikembangkan perusahaan dengan Pfizer7.

Sementara itu, tim yang dipimpin oleh ahli virologi Ravindra Gupta di Universitas Cambridge, Inggris, mendeteksi sedikit penurunan dalam potensi serum dari 10 dari 15 orang setelah menerima yang pertama dari dua dosis imunisasi yang sama. Perubahan ini seharusnya tidak membuat perbedaan pada keefektifan vaksin sekarang, kata Gupta, tetapi bisa jadi karena tingkat antibodi berkurang seiring waktu.

Apa hasil penelitian pekan ini untuk memerangi pandemik masih belum jelas. Menentukan apakah mutasi yang ada pada 501Y.V2 bertanggung jawab atas infeksi ulang adalah prioritas penelitian utama. "Jika ini masalahnya, seluruh gagasan tentang kekebalan kawanan akan menjadi mimpi, setidaknya dari infeksi alami," kata de Oliveira.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)