Rusak Sistem Reproduksi, Open Biology Sebut COVID-19 Bikin Pria Mandul

Jum'at, 22 Januari 2021 - 21:19 WIB
loading...
Rusak Sistem Reproduksi, Open Biology Sebut COVID-19 Bikin Pria Mandul
Virus corona diSebut Ssebuah riset terbaru bisa bikin pria mandul. FOTO/ DAILY
LONDON - Sebuah studi baru yang meresahkan telah mengidentifikasi bahwa virus corona dapat merusak sistem reproduksi pria. Para peneliti mengklaim COVID-19 merusak sperma manusia dengan 4 cara.

BACA JUGA - Musuh Bebuyutan Honda Sonic Siap Copot Mesin 150cc

Dalam ulasan yang diterbitkan pada hari Rabu lalu di jurnal Open Biology, para peneliti menguraikan dampak yang berpotensi pria yang sudah tertular COVID-19 tidak memiliki anak.

"Sistem reproduksi pria telah dihipotesiskan sebagai target potensial infeksi SARS-CoV-2, yang didukung oleh beberapa bukti awal," tulis abstrak penelitian tersebut seperti dilansir Daily Jumat 22/1/2021.



"Ini dapat menjadi ancaman global terhadap potensi kesuburan pria, karena pria lebih rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2 dibandingkan wanita, terutama yang berusia reproduksi. Laporan awal juga menunjukkan kemungkinan penularan SARS-CoV-2 secara seksual. Ini dapat menyebabkan komplikasi parah pada pasangan yang terinfeksi."
Rusak Sistem Reproduksi, Open Biology Sebut COVID-19 Bikin Pria Mandul


Para peneliti telah mengidentifikasi empat cara utama Covid dapat memengaruhi kesuburan pria, Cara pertama adalah "invasi bertarget".

Tim peneliti percaya kehadiran reseptor ACE2 (titik masuk favorit virus corona) di testis membuat sel kelamin pria berpotensi menjadi target infeksi.



Baca juga: Barisan Sepeda Motor Listrik yang Diharapkan Muncul di Tahun 2021
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA