Keistimewaan Bulan Purnama Tepat di Pusat Magnet Bumi 'Kakbah'

Senin, 25 Januari 2021 - 18:07 WIB
loading...
Keistimewaan Bulan Purnama Tepat di Pusat Magnet Bumi Kakbah
Kakbah kiblat umat Islam sekaligus pusat magnet bumi. FOTO/ IST
A A A
MAKKAH - Fenomena alam terjadi akan terjadi pada hari Kamis (28/1/2021) pukul 12.43 malam waktu Makkah, Arab Saudi, dengan waktu yang berdekatan.



Artinya, waktu matahari di atas Kakbah , di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Fenomena alam akan terjadi di atas Kakbah. Pasalnya diproyeksikan bulan purnama akan tampil secara vertikal di atas Kakbah di Masjidil Haram .

"Bulan akan terbit dengan matahari terbenam dari ufuk utara/timur laut, dan terbenam di ufuk utara/barat laut, yang berarti bahwa ia akan mensimulasikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam, tetapi di utara Lingkaran Arktik, bulan tetap 24 jam di atas cakrawala, seperti matahari tengah malam di musim panas," kata Presiden Asosiasi Astronomi Jeddah Majed Abu Zahira, dalam wawancara dengan Al Arabiya, Senin (25/1/2021).
Keistimewaan Bulan Purnama Tepat di Pusat Magnet Bumi 'Kakbah'


Menurut Abu Zahra, bulan purnama akan sejajar dengan Kakbah pada pukul 12.43.34 setelah tengah malam waktu Kerajaan Arab Saudi pada ketinggian 89,57,46 derajat dan piringannya diterangi sepenuhnya sebesar 99,9 persen pada jarak 381,125 km dari Bumi.

"Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam dengan terbitnya matahari Jumat,” ujarnya.

Para Ilmuwan memprediksi peristiwa pada saat itu, objek yang ada di sekitar Kakbah tidak memunculkan bayangan. Ini bisa dilihat dari orang-orang yang berdiri tegak lurus atau sebuah botol yang didirikan di lantai masjid, sama sekali tak menunjukkan bayangannya.

Sementara pada hari kedua, di langit sekitar Kakbah sedikit tertutup awan. Kemudian, terjadi sedikit angin yang berisi pasir yang membuat pandangan sedikit terhalang.

Pancaran sinar matahari juga tak sepanas satu hari sebelumnya di hari yang sama. Namun, tetap obyek di sekitar Kakbah yang berdiri tegak lurus tak menunjukkan bayangannya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)