RI Gunakan Satelit Penginderaan Jauh Made-in LAPAN untuk Perencanaan Kota

Selasa, 26 Januari 2021 - 12:58 WIB
loading...
RI Gunakan Satelit Penginderaan Jauh Made-in LAPAN untuk Perencanaan Kota
RAKORNAS akan menginformasikan perihal peran penting data satelit penginderaan jauh yang telah dikembangan LAPAN guna mendukung perencanaan kota. Foto/Ist
JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan memaksimalkan memiliki satelit besutannya sendiri. Kemampuan itu akan dilaporkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Citra Satelit Penginderaan Jauh secara online, besok (Rabu, 27/1/2021). Baca juga: Gunakan Data Infrasound, Lapan Menduga Ledakan Buleleng Karena Meteor Kecil

Acara yang mengusung tema “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Satelit Penginderaan Jauh Untuk Perencanaan Kota, Pemantauan Hutan dan Kebencanaan” akan dibuka oleh Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin. Sedangkan pembicara utamanya adalah Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro .

RAKORNAS akan menginformasikan perihal peran penting data satelit penginderaan jauh yang telah dikembangan guna mendukung perencanaan kota. Data dan informasi penginderaan jauh telah dimanfaatkan untuk pemantauan hutan dan kebencanaan, serta berbagai kegiatan prioritas pembangunan nasional.

Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan data dan informasi penginderaan jauh, LAPAN terus melakukan riset dan inovasi di bidang pemanfaatan teknologi satelit penginderaan jauh.



Upaya yang telah dilakukan yaitu pengembangan platform Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman dan Populer (SPACeMAP), yang akan membantu pengguna dalam mengakses data dan informasi penginderaan jauh.

Terkait pandemik COVID-19 yang terjadi di Indonesia sejak bulan Maret 2020, LAPAN telah mengembangkan LAPAN Hub Covid-19 sebagai upaya untuk memberikan informasi geospasial potensi risiko virus Corona di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk pencapaian yang akan datang, LAPAN sedang mengembangkan Platform Penginderaan Jauh untuk Semua (PLATYPUS), yang memiliki sistem terintegrasi antara penerimaan data, pengolahan data, dan diseminasi informasi pada sistem di setiap instansi/pengguna. Proses atas perkembangan penyelesaian platform PLATYPUS dari segi pemantauan hutan dan kebencanaan, akan dibahas dalam RAKORNAS tahun ini. Baca juga: Diisukan Gabung ke Repsol Honda, Ini Tanggapan Dovizioso
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA