Astronom Temukan Asteroid Trojan Baru Mengintai di Orbit Bumi

Sabtu, 06 Februari 2021 - 09:33 WIB
loading...
Astronom Temukan Asteroid Trojan Baru Mengintai di Orbit Bumi
foto/dok
A A A
JAKARTA - Astronom menemukan objek yang baru-baru ini berada di jalur orbit Bumi mengelilingi Matahari sebenarnya adalah asteroid trojan . Fakta ini menunjukan kalau di orbit Bumi tersembunyi banyak asteroid.

Asteroid Trojan adalah batuan luar angkasa yang berbagi jalur orbit dari benda-benda planet yang lebih besar di Tata Surya. Trojan biasa berada di wilayah yang stabil secara gravitasi yang dikenal sebagai titik Lagrangian. (Baca: NASA Ungkap Gambar penjelajahan di Asteroid Bennu)

Setiap sistem dua bodi memiliki lima titik Lagrange. Ada lima jarak antara Bumi dan Bulan; dan lima lainnya antara Bumi dan Matahari. Lagrange, bagaimanapun, juga dapat menangkap batuan luar angkasa, dan fenomena ini terkenal di Tata Surya.

Yupiter memiliki trojan paling banyak, dengan lebih dari 9.000 terdokumentasi. Neptunus memiliki 28, Mars memiliki 9, dan Uranus dan Bumi masing-masing memiliki satu yang terkonfirmasi.

Trojan yang dikonfirmasi di Bumi, bernama 2010 TK7, adalah sebongkah batu berdiameter sekitar 300 meter (984 kaki), tergantung di L4 Lagrangian yang berada dalam orbit Bumi berbentuk kecebong berosilasi yang dikenal sebagai libration. (Baca juga: Persingkat Perjalanan ke Mars, NASA Lirik Teknologi Nuklir untuk Roket Antariksa)

Objek baru, bernama 2020 XL5, yang pertama kali diamati pada November dan Desember tahun lalu, tampak serupa.

Menurut astronom amatir Tony Dunn, yang menghitung lintasan objek menggunakan perangkat lunak JPL-Horizons NASA, benda itu juga bergerak mengelilingi Bumi-Matahari L4 Lagrangian, melingkar mendekati orbit Mars, dan memotong orbit Venus.

Karena sangat dekat dengan Venus, jika 2020 XL5 adalah trojan , mungkin tidak stabil dalam jangka waktu yang lama. Menurut simulasi yang dijalankan oleh Dunn, selama beberapa ribu tahun, asteroid akan melintas di atas dan di bawah bidang orbit Venus saat berpotongan, sehingga planet tersebut tidak mengganggu orbitnya. (Baca juga: Arkeolog Temukan Reruntuhan Kuil dan Benteng Romawi Kuno di Mesir)

Namun, akhirnya, interaksi gravitasi akan menjauhkannya dari titik L4. Ini didukung oleh simulasi yang dijalankan oleh astronom amatir Aldo Vitagliano, pencipta perangkat lunak penentuan orbit Solex dan Exorb.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa XL5 2020 saat ini adalah Trojan Bumi yang cukup stabil (maksud saya stabil dalam skala waktu 2-4 milenium)," tulisnya di Milis Planet Kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2468 seconds (0.1#10.140)