Jum'at, 26 Februari 2021 - 17:22 WIB
Takut Keduluan Kapal Ruang Angkasa China, Perseverance Kirim Foto HD Mars
Foto yang dirilis NASA terdiri dari 142 gambar yang diambil oleh sistem kamera Mastcam-Z Perseverance pada Sabtu . Foto/NASA
HOUSTON - Pesawat ruang angkasa China Tianwen-1 sedang ambil ancang-ancang untuk mendarat di Planet Mars . Sadar akan hal itu, penjelajah Perseverance milik NASA langsung mengirimkan foto-foto indah berkualitas HD tentang lokasi pendaratannya di Mars.

Perseverance seukuran mobil menangkap foto panorama 360 derajat yang indah dari sekelilingnya di Kawah Jezero. Kawah ini miliaran tahun lalu memiliki danau dan delta sungai.

Foto yang dirilis NASA terdiri dari 142 gambar yang diambil oleh sistem kamera Mastcam-Z Perseverance pada Sabtu (21 Februari). Atau tiga hari setelah Perseverance mendarat.

Anggota tim misi telah menyatukan panorama Jezero menggunakan gambar yang diambil pada Jumat (20 Februari) oleh kamera navigasi Perseverance. Tapi Mastcam-Z definisi tinggi memiliki mata yang lebih tajam, jadi foto yang baru diluncurkan lebih mencolok dan mendetail.

Space.com menyebutkan, tepi jauh Jezero terlihat di foto baru tersebut. Seperti juga permukaan tebing yang merupakan sisa dari delta kuno, kata pejabat NASA. Foto panorama ini dapat diperbesar/diperkecil, sehingga Anda dapat memeriksa fitur tersebut -dan fitur lainnya di latar depan, termasuk bebatuan berlubang yang aneh- dari dekat dalam versi resolusi penuh.

Takut Keduluan Kapal Ruang Angkasa China, Perseverance Kirim Foto HD Mars

Batuan ini, yang terlihat pada panorama 360 derajat pertama yang diambil oleh instrumen Mastcam-Z pada penjelajah Perseverance Mars NASA, menunjukkan seberapa detail gambar yang ditangkap oleh sistem kamera. Foto NASA/JPL-Caltech/MSSS/ASU

Seperti namanya, Mastcam-Z ditempatkan di tiang mirip kepala Perseverance. "Sistem ini terdiri dari dua kamera yang dapat diperbesar sehingga dapat menyelesaikan fitur sekecil 0,1 hingga 0,2 inci (3-5 milimeter) di dekat penjelajah dan 6,5 hingga 10 kaki (2-3 meter) di kejauhan," kata pejabat NASA.

Mastcam-Z mirip dengan sistem Mastcam pada pendahulunya Perserverance, Curiosity rover, yang mendarat di dalam Kawah Gale Mars pada Agustus 2012 dan masih kuat. Namun Mastcam-Z lebih mumpuni. Misalnya, Curiosity's Mastcam tidak mempunyai kemampuan memperbesar/memperkecil objek gambar.

Takut Keduluan Kapal Ruang Angkasa China, Perseverance Kirim Foto HD Mars

Sebagian dari gambar panorama Mars diambil oleh sistem kamera Mastcam-Z di atas pesawat ruang angkasa Perseverance NASA. Foto panorama penuh terdiri dari 142 gambar yang diambil pada 21 Februari 2021. Foto/NASA/JPL-Caltech/ASU/MSSS

Tim Perseverance baru saja memulai memeriksa lokasi pendaratan. Tapi foto-foto awal penjelajah menunjukkan lanskap yang terlihat mirip dengan yang dijelajahi oleh penjelajah Mars NASA lainnya.

"Kami berada tepat di sweet spot, di mana Anda dapat melihat fitur berbeda yang serupa dalam banyak hal dengan fitur yang ditemukan oleh Spirit, Opportunity, dan Curiosity di lokasi pendaratan mereka," kata peneliti utama Mastcam-Z, Jim Bell, dari Arizona State University's School of Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa.

Perseverance adalah inti dari misi Mars 2020 senilai USD2,7 miliar milik NASA. Sang penjelajah akan mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno di Jezero dan mengumpulkan lusinan sampel untuk kembali ke Bumi di masa mendatang. Penjelajah juga membawa beberapa demonstrasi teknologi, termasuk helikopter bernama Ingenuity yang akan mencoba menjadi helikopter pertama yang terbang di dunia di luar Bumi.

"Setelah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan pasca-pendaratan Perseverance, tim penjelajah akan bersiap untuk penerbangan perintis Ingenuity, yang kemungkinan akan berlangsung dalam waktu dekat. Pekerjaan sains dan pengambilan sampel mungkin akan dimulai dengan sungguh-sungguh musim panas ini, jika semua berjalan sesuai rencana," kata anggota tim misi.