Penemuan Tak Disengaja yang Mampu Mengubah Dunia

Minggu, 28 Februari 2021 - 11:29 WIB
loading...
A A A
Penemuan Tak Disengaja yang Mampu Mengubah Dunia


Awalnya, John Hopps, seorang insinyur listrik Kanada kelahiran 21 Mei 1919, melakukan penelitian tentang hipotermia dan mencoba memakai pemanas frekuensi radio untuk memulihkan suhu tubuh. Apa yang terjadi selanjutnya? Selama percobaan berlangsung, John menyadari jika jantung berhenti berdetak karena pendinginan, maka bisa "dimulai" lagi dengan stimulasi buatan. Berangkat dari sana, ia menciptakan alat pacu jantung di tahun 1951.

4. Microwave

Penemuan Tak Disengaja yang Mampu Mengubah Dunia


Pada 1945, Percy Spencer, seorang insinyur Amerika, bekerja di laboratorium pengujian magnetron (tabung vakum bertenaga tinggi di dalam radar). Saat sedang bekerja di dekat magnetron, ia menyadari bahwa sebatang permen selai kacang di sakunya mulai meleleh. Percy memutuskan untuk membeli jagung dan akhirnya popcorn bermunculan di semua tempat.

Lalu, temuan ini dipatenkan dengan nama "RadaRange". Dua tahun setelahnya, perusahaan Raytheon meluncurkan RadaRange sebagai oven microwave komersial pertama. Tinggi RadaRange sekitar enam kaki (2 meter) dan beratnya 340
kilogram.

5. Coca Cola

Penemuan Tak Disengaja yang Mampu Mengubah Dunia


Minuman berkarbonasi ini diciptakan oleh John Pemberton, seorang apoteker. Awalnya, ia menjual sirup terbuat dari anggur dan ekstrak koka. Sirup ini dinamai Pemberton's French Wine Coca yang bisa digunakan sebagai obat sakit kepala dan gangguan saraf. Karena Atlanta melarang penjualan alkohol di tahun 1885, John menciptakan sirup murni berbahan dasar koka.

Minuman ini awalnya dijual di apotek dan penjualan tahun pertamanya hanya USD50. Sayangnya, John Pemberton tidak sempat merasakan kesuksesan temuannya. Ia menderita kanker perut dan menjual perusahaannya sedikit demi sedikit, sampai ia hanya memiliki sepertiga bagian. (Baca juga: 10 Situs Warisan Dunia Paling Banyak Dikunjungi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)