Medan Magnet Kuno Terbalik Picu Kekacauan di Bumi 42.000 Tahun Lalu

Minggu, 28 Februari 2021 - 10:14 WIB
Akan cukup buruk jika hanya medan magnet Bumi yang melemah, tapi data inti es menunjukkan kebetulan yang tidak menguntungkan selama Adams Event. Sebab Matahari juga berada dalam periode aktivitas yang lebih rendah. Meskipun itu mungkin berarti lebih sedikit jilatan api Matahari, itu juga berarti bahwa perisai pelindung yang diciptakan Matahari terhadap sinar kosmik —disebut heliosfer— juga melemah.

Dengan berkurangnya medan magnet dan heliosfer, Bumi berisiko dua kali lipat dari radiasi kosmik, menurut penelitian tersebut.

Hal ini akan menjadi berita yang sangat buruk, mengingat pengaruh cuaca luar angkasa pada satelit dan jaringan listrik. Tapi apa artinya bagi kehidupan 42.000 tahun yang lalu?

“Ini pasti seperti akhir dari hari-hari,” kata ahli geologi Universitas New South Wales Chris SM Turney, rekan penulis studi tersebut, kepada New York Times.

"Efeknya mungkin termasuk menipisnya lapisan ozon, aurora borealis mendekati ekuator, peningkatan radiasi ultraviolet yang mencapai permukaan, badai listrik yang mengamuk, dan udara Arktik mencapai seluruh benua," ungkap para penulis di Conversation.

Mereka menghubungkan efek lingkungan dengan kepunahan hewan besar di Australia, kematian Neanderthal, dan penggunaan pigmen oker merah oleh manusia untuk seni gua dan tabir surya.

"Salah satu kekuatan makalah ini hanya dari perspektif karya ilmiahnya, belum tentu ilmu analitis yang dilakukannya, adalah sejauh mana ia menggabungkan semua sumber informasi yang berbeda ini untuk membuat kasusnya," kata ilmuwan perubahan iklim, Jason E Smerdon dari Universitas Columbia kepada New York Times.

Makalah ini telah memicu percakapan di antara para ilmuwan tentang teori yang disajikannya, dan bagaimana penelitian masa depan dapat memberikan bukti untuk mendukungnya atau tidak. "Para ahli telah bertanya-tanya selama lebih dari 50 tahun tentang apakah pergeseran medan magnet memengaruhi kehidupan di Bumi atau tidak, tetapi tidak memiliki jalan yang jelas untuk menemukan jawaban," timpal pakar geofisika James E T Channell kepada Times.

“Nilai terbesar dari makalah ini adalah bahwa ia mengeluarkan beberapa ide yang harus diselidiki lebih lanjut,” kata ahli geomagnetik GFZ German Research Center for Geosciences, Monika Korte kepada Science News.