Dampak Perubahan Iklim, Aliran Sungai Bisa Berubah dan Mulai Mengering

Sabtu, 13 Maret 2021 - 13:26 WIB
loading...
Dampak Perubahan Iklim, Aliran Sungai Bisa Berubah dan Mulai Mengering
Foto/dok
A A A
ZURICH - Perubahan iklim akibat efek rumah kaca mempengaruhi keseimbangan air di planet Bumi. Kondisi ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi jumlah air di sungai yang berpotensi mengakibatkan lebih banyak banjir atau kekeringan.

Penelitian menyebutkan, aliran sungai merupakan indikator penting ketersediaan sumber daya air bagi manusia dan lingkungan. Jumlah air yang tersedia juga bergantung pada siklus air atau perubahan penggunaan lahan. Jika, misalnya, air dialihkan untuk irigasi atau diatur melalui waduk, atau hutan dibuka dan tanaman monokultur ditanam di tempatnya, ini dapat berdampak pada aliran sungai. (Baca: Peta Banjir Dunia Berubah, Meningkat di Daerah Beriklim Sedang)

Tim peneliti internasional yang dipimpin oleh ETH Zurich menganalisis data dari 7.250 stasiun pengukur di seluruh dunia. Studi yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah terkenal Science, menunjukkan bahwa aliran sungai berubah secara sistematis antara tahun 1971 dan 2010.

Pola kompleks terungkap — beberapa wilayah seperti Mediterania dan Brasil bagian timur laut menjadi lebih kering, sementara di tempat lain volume sungai meningkat seperti di Skandinavia.

"Pertanyaan sebenarnya, bagaimanapun, menyangkut penyebab perubahan ini," kata Lukas Gudmundsson, penulis utama studi dan asisten senior dalam kelompok yang dipimpin oleh Sonia Seneviratne, profesor di Institut Ilmu Atmosfer dan Iklim di ETH Zurich.

Untuk menjawab pertanyaan ini, para peneliti melakukan beberapa simulasi komputer, menggunakan model hidrologi global yang diumpankan dengan data iklim yang diamati dari periode yang diteliti (1971 hingga 2010). Hasil perhitungan model sangat cocok dengan analisis aliran sungai yang diamati. (Baca juga: Perubahan Iklim, Musim Panas Akan Panjang Jadi 6 Bulan Pada Tahun 2100)

Dalam prosedur kedua, para peneliti memasukkan air dan pengelolaan lahan tambahan dalam simulasi mereka untuk mempelajari pengaruh faktor-faktor ini. Namun, ini tidak mempengaruhi hasil. "Perubahan tata air dan pengelolaan lahan ternyata bukan penyebab perubahan global sungai," ujarnya.

Para peneliti kemudian membuktikan peran perubahan iklim menggunakan metode deteksi dan atribusi. Untuk ini mereka membandingkan pengamatan dengan simulasi dari model iklim yang dihitung sekali dengan gas rumah kaca buatan manusia dan sekali tanpa.

Dalam kasus pertama simulasi mencocokkan data aktual, tetapi dalam kasus kedua tidak. "Ini menunjukkan bahwa perubahan yang diamati sangat tidak mungkin tanpa perubahan iklim," kata Gudmundsson.

Data ini sekarang mewakili kumpulan data global terbesar dengan pengamatan aliran sungai yang tersedia saat ini. "Berkat data ini, kami dapat memvalidasi model dan menunjukkan bahwa model tersebut memberikan refleksi yang baik dari kenyataan," kata Gudmundsson. (Baca juga: Bumi Makin Sekarat, Sampah Masker di Dunia Capai 3 Juta Permenit)

Ini berarti bahwa model tersebut juga dapat memberikan skenario yang dapat diandalkan tentang bagaimana sungai akan terus berubah di masa depan. Proyeksi tersebut memberikan dasar penting untuk perencanaan di daerah yang terkena dampak untuk mengamankan pasokan air dan menyesuaikan diri dengan perubahan iklim .
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)