5 Anak Dirawat di RS karena Sakit Gagal Hati Setelah Minum Air Ionisasi

Minggu, 21 Maret 2021 - 04:35 WIB
loading...
5 Anak Dirawat di RS karena Sakit Gagal Hati Setelah Minum Air Ionisasi
FDA memperingatkan masyarakat untuk tidak mengonsumsi minuman terionisasi dengan merek Real Water setelah produk tersebut dikaitkan dengan lima kasus masalah hati yang serius. Foto/FDA/Live Science
A A A
NEVADA - Pejabat kesehatan AS (FDA) memperingatkan masyarakat untuk tidak mengonsumsi air terionisasi dengan merek "Real Water".

FDA melayangkan peringatan karena beberapa anak di Nevada yang meminum air tersebut dirawat di rumah sakit. Tidak main-main, mereka mengalami gagal hati, menurut laporan berita.

Air tersebut sudah melalui proses pengion untuk menaikkan pH-nya. Sehingga air menjadi lebih basa.

Pekan ini, Food and Drug Administration (FDA) mengumumkan sedang menyelidiki sejumlah laporan "hepatitis non-virus", atau peradangan hati yang tidak disebabkan oleh infeksi virus, terkait dengan konsumsi Real Water.

Pada November 2020, lima bayi dan anak-anak dari empat rumah tangga yang berbeda mengalami gagal hati akut tanpa sebab yang jelas. Sebanyak enam orang tambahan dari -termasuk tiga orang dewasa dan tiga anak- mengalami gejala yang tidak terlalu serius, termasuk muntah, mual dan kehilangan nafsu makan, menurut pernyataan Distrik Kesehatan Nevada Selatan.

"Sejauh ini, satu-satunya faktor umum di antara semua kasus ini adalah mereka telah meminum Real Water," kata pernyataan itu, seperti dilansir Live Science.

FDA sedang menyelidiki perusahaan yang berbasis di Las Vegas sebagai produsennya. Sementara itu, badan tersebut memperingatkan konsumen, pengecer dan restoran untuk tidak "minum, memasak dengan, menjual atau menyajikan" produk.

Alasan hubungan antara Real Water dan kasus hepatitis tidak jelas, tapi Distrik Kesehatan Nevada Selatan mencatat hepatitis non-virus dapat disebabkan oleh paparan racun, serta penyakit autoimun atau minum terlalu banyak alkohol.

Real Water dipasarkan sebagai "air minum premium" yang telah "diresapi dengan ion negatif" dan memiliki pH 9, menurut situs web perusahaan. PH air adalah ukuran seberapa asam atau basa, dengan kisaran dari 0 hingga 14, menurut Survei Geologi AS (USGS).

Air biasanya memiliki pH netral 7, dan air dengan pH lebih rendah dianggap asam. Sedangkan air dengan pH lebih tinggi dianggap basa, atau basa. (Secara khusus, air asam memiliki lebih banyak ion hidrogen bebas, sedangkan air alkali memiliki lebih banyak ion hidroksil, atau OH, bebas, menurut USGS)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5318 seconds (0.1#10.140)