Bahan Bakar Fosil Membuat Manusia Tanpa Sadar Sudah Dikepung Racun

Selasa, 23 Maret 2021 - 10:34 WIB
loading...
A A A
"Dalam penelitian, kami melihat PAH dengan dua hingga enam cincin benzena yang menyatu. Ini mewakili polusi dari kebakaran kayu dan mobil hingga pembangkit listrik tenaga batu bara. Kami tahu bahwa secara umum, senyawa PAH akan mulai berubah, atau menurun, saat matahari bersinar," kata Seopela.

Dalam penelitian lain, ilmuwan menemukan bahwa PAH terurai di bawah sinar matahari, tetapi senyawa anak yang lebih kecil yang terbentuk (fotoproduk) bisa lebih beracun daripada senyawa induk yang lebih besar.

Seopela dan para peneliti dari Laboratorium Biologi Chesapeake dari Pusat Ilmu Lingkungan Universitas Maryland membangun sistem resirkulasi sirkuit tertutup untuk penelitian di laboratorium mereka. Mereka menguji lima PAH yang terdaftar oleh EPA AS sebagai polutan prioritas. Ini adalah naphtalene, anthracene, benzo (a) anthracene, benzo (a) pyrene dan benzo (ghi) perylene. (Baca juga: Kesadaran Pentingnya Udara Bersih Perlu Ditumbuhkan)

"Kami menemukan bahwa ketika sinar matahari jatuh pada PAH induk, ia terurai menjadi PAH anak yang lebih kecil, yang kami sebut produk degradasi. Tetapi pada saat yang sama, produk sampingan yang sama sekali berbeda juga terbentuk," kata Prof Michael Gonsior dari Laboratorium Biologi Chesapeake di Universitas Maryland.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)