NASA Pastikan Bumi Aman dari Asteroid Aphopis untuk 100 Tahun Kedepan

Sabtu, 27 Maret 2021 - 08:57 WIB
NASA Pastikan Bumi Aman dari Asteroid Aphopis untuk 100 Tahun Kedepan
Foto/dok
JAKARTA - Berdasarkan analisis ilmuwan astronomi, Asteroid Aphopis adalah salah satu asteroid paling berbahaya yang bisa menabrak Bumi. Namun berdasarkan perhitungan, NASA memastikan bahwa Planet Bumi aman dari tubrukan Asteroid Aphopis lebih dari 100 tahun.

Dilansir Phys.org , asteroid berdiameter sekitar 340 meter itu menjadi terkenal sebagai asteroid yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi Bumi ketika para astronom memprediksikan bahwa ia akan mendekat secara tidak nyaman pada tahun 2029. (Baca: NASA: Asteroid Ini Masih Bisa Menghantam Bumi di Tahun 2068)

Berkat pengamatan tambahan dari objek dekat Bumi ( NEO), risiko dampak pada tahun 2029 kemudian dikesampingkan, begitu pula risiko dampak potensial yang ditimbulkan oleh pendekatan dekat lainnya pada tahun 2036. Namun, hingga bulan ini, peluang kecil dampak pada tahun 2068 masih tetap ada.

Ketika Apophis melakukan penerbangan jarak jauh di Bumi sekitar 5 Maret 2021, para astronom mengambil kesempatan untuk menggunakan pengamatan radar yang kuat untuk menyempurnakan perkiraan orbitnya di sekitar Matahari dengan sangat presisi. Memungkinkan mereka dengan percaya diri mengesampingkan risiko benturan pada tahun 2068 dan lama setelahnya.

"Tabrakan tahun 2068 sudah tidak mungkin lagi, dan perhitungan kami tidak menunjukkan risiko dampak setidaknya selama 100 tahun ke depan," kata Davide Farnocchia dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS) NASA, yang dikelola oleh Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan. (Baca juga: Mengejutkan, Astronom ALMA Mendeteksi Putaran Angin di Planet Saturnus)

Dengan dukungan pengamatan optik baru-baru ini dan pengamatan radar tambahan, ketidakpastian di orbit Apophis telah runtuh dari ratusan kilometer menjadi hanya beberapa kilometer ketika diproyeksikan ke tahun 2029. "Jadi sekarang kami dapat menghapus Apophis dari daftar risiko," katanya.

Untuk sampai pada perhitungan Apophis terbaru, para astronom menggunakan antena radio 70 meter (230 kaki) di Kompleks Komunikasi Antariksa Dalam Goldstone Deep Space Network dekat Barstow, California, untuk melacak gerakan Apophis dengan tepat.

"Meskipun Apophis baru-baru ini mendekati Bumi, jaraknya masih hampir 17 juta kilometer jauhnya. Meski begitu, kami dapat memperoleh informasi yang sangat tepat tentang jaraknya dengan akurasi sekitar 150 meter," kata ilmuwan JPL Marina Brozovic, yang memimpin kampanye radar. (Baca juga: Spesies Baru Bunga Rafflesia Ditemukan di Malaysia, Apa Bedanya?)

Pada 13 April 2029, asteroid Apophis akan lewat kurang dari 32.000 kilometer dari permukaan planet Bumi. Selama pendekatan tahun 2029 itu, Apophis akan terlihat oleh pengamat di belahan bumi Timur tanpa bantuan teleskop atau teropong.

Ini juga merupakan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para astronom untuk mendapatkan tampilan close-up peninggalan tata surya yang sekarang hanya menjadi keingintahuan ilmiah dan bukan bahaya langsung bagi planet kita.