NASA Akan Terbangkan Helikopter di Planet Mars Awal April 2021

Minggu, 28 Maret 2021 - 16:01 WIB
loading...
NASA Akan Terbangkan Helikopter di Planet Mars Awal April 2021
Kawah di Planet Mars. FOTO/ IST
NEW YORK - Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) menyatakan mereka akan menerbangkan helikopter pertama di Mars pada awal April 2021.

Helikopter kecil itu dibawa ke Planet Merah oleh robot penjelajah Perseverance, yang melakukan pendaratan dramatis di Kawah Jezero pada Februari lalu.

Perangkat yang disebut Ingenuity, pesawat twin-rotor 1,8kg itu, akan mencoba serangkaian lompatan pendek di udara Mars yang dijernihkan.

"Jika berhasil, momen itu akan mewakili sesuatu dari "momen Wright Bersaudara", kata NASA dikutip dari BBC, Minggu (28/3/2021).

Pernyataan itu mengacu pada Orville dan Wilbur Wright yang pada tahun 1903 melakukan penerbangan pesawat bertenaga pertama yang lebih berat dari udara yang bersejarah di Bumi.



Demi menandai momen itu, NASA telah menempelkan sepotong kain seukuran perangko dari sayap pesawat Wright bersaudara di Ingenuity.

Saat ini, helikopter masih melekat di bagian perut Perseverance. Penutup pelindung akan dilepaskan dalam waktu dekat dan dalam beberapa hari mendatang pesawat akan diturunkan ke tanah.

Para teknisi telah mengidentifikasi area 10m x 10m di Jezero yang mereka sebut "lapangan terbang".

Area itu berada di salah satu ujung "zona terbang" sepanjang 90m, di sana mungkin lima serangan mendadak akan dilakukan.

Perseverance akan berusaha keras untuk merekam semua yang ada di kamera.



"Kami akan melakukan yang terbaik untuk menangkap semua hal dari Ingenuity dalam penerbangan," kata insinyur NASA Farah Alibay.

"Kami akan mengambil gambar, kami berharap untuk merekam video."

Hal ini akan menantang, katanya mengingatkan. Baik rover dan helikopter berfungsi secara mandiri dan membawa jam terpisah. Perangkat pengatur waktu perlu disinkronkan agar fotografi dapat menangkap aksinya.

Perseverance akan berusaha untuk menangkap gambar dan merekam video semua yang semua yang terjadi dengan kamera yang ada.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk menangkap semua hal dari Ingenuity dalam penerbangan," kata insinyur NASA Farah Alibay.

Hal ini dinilai Alibay cukup menantang. Sebab, baik rover dan helikopter berfungsi secara mandiri dan membawa jam terpisah. Perangkat pengatur waktu perlu disinkronkan agar hasil foto dapat menangkap aksinya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA