Ini Waktu yang Tepat untuk Melihat Hujan Meteor Lyrid

Rabu, 21 April 2021 - 00:17 WIB
Ini Waktu yang Tepat untuk Melihat Hujan Meteor Lyrid
Foto/dok
JAKARTA - Akhir pekan nanti adalah waktu yang tepat bagi para pencinta benda langit menyaksikan fenomena langka yang luar biasa, yakni hujan meteor . Lyrids merupakan hujan meteor yang berasal dari ekor komet yang mengelilingi matahari setiap 415 tahun sekali.

Dilansir Live Science, Lyrid berasal dari konstelasi Lyra, timur laut bintang terang Vega. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik meteor berekor panjang, berbaring telentang dengan kaki menghadap ke timur.

Biarkan mata Anda menyesuaikan dengan kondisi langit yang gelap sekitar 20 hingga 30 menit untuk melihat meteor yang lebih redup.

Disarankan mulai melakukan pemantauan langit setelah pukul 22.30 waktu setempat. Kendati begitu, pengamatan akan sedikit terganggu polusi cahaya dari sinar bulan purnama pada 26 April 2021.

Menurut NASA, biasanya Lyrid menghasilkan 10 hingga 20 meteor per jam, meskipun mereka kadang-kadang mencapai ratusan. Hujan Lyrid yang mencapai ratusan itu telah tercatat di Amerika Serikat pada 1803 dan 1982, di Yunani pada 1922 dan di Jepang pada 1945.

Lyrid adalah pecahan dari ekor Comet Thatcher, sebuah komet yang ditemukan pada tahun 1861. Namun, Thatcher telah melintasi tata surya jauh lebih lama.

Penampakan hujan meteor pertama yang dilaporkan terjadi di Cina pada tahun 687 SM, membuat Lyrids salah satu hujan meteor tertua yang diketahui.

Jika Anda melewatkan hujan meteor Lyrids, kesempatan berikutnya untuk melihat hujan meteor akan segera menyusul. Pada 6 Mei 2021, Eta Aquarids akan mencapai puncaknya. Mereka paling baik dilihat lebih dekat ke khatulistiwa.