Bumi Rentan dari Ancaman Luar Angkasa, Ini yang Dilakukan NASA dan ESA

Rabu, 21 April 2021 - 07:15 WIB
loading...
A A A
Hasilnya, ribuan keping yang lebih kecil memiliki risiko yang sama besarnya dengan objek aslinya, karena kecepatannya yang tinggi dan fakta bahwa mereka semua bergerak pada orbit yang sedikit berbeda.

Namun, itulah yang harus dilakukan oleh segmen Pengawasan dan Pelacakan Luar Angkasa dari program Kesadaran Situasional Luar Angkasa ESA. Ini menggunakan jaringan teleskop, radar, dan stasiun jarak laser untuk mendeteksi dan melacak objek, dan kemudian memproses data yang dihasilkan di kontrol misi ESA di Darmstadt, Jerman. Kontrol misi kemudian akan mengeluarkan peringatan jika tindakan mengelak dianggap perlu.

Sistem ini bekerja dengan baik saat ini, tetapi tidak selalu demikian, BBC melaporkan. Jumlah satelit baru yang diluncurkan lebih tinggi dari yang pernah ada, sementara jumlah objek yang terpisah-pisah meningkat.

Kekhawatirannya adalah bahwa jumlah puing-puing ruang angkasa dapat mencapai titik kritis di mana di luar itu terdapat aliran tabrakan yang terjadi secara terus menerus. Dikenal sebagai sindrom Kessler, ini akan membuat orbit tertentu tidak dapat digunakan jika terus tidak diatasi.



Karena alasan ini, ESA sedang mempertimbangkan metode untuk menghilangkan puing-puing ruang angkasa secara aktif. Misi ClearSpace-1-nya, yang direncanakan diluncurkan pada tahun 2025, akan menjadi yang pertama di dunia yang menghilangkan potongan puing ruang angkasa dari orbit.

ClearSpace-1 akan menargetkan bagian tertentu dari sampah luar angkasa - 220-lb. (100 kilogram) adaptor muatan yang disebut Vespa yang digunakan ESA pada tahun 2013 untuk menyebarkan satelit.

Setelah bertemu dengan Vespa, ClearSpace-1 akan memegangnya dengan lengan robot, lalu menembakkan roketnya untuk keluar dari orbit. Rencananya, baik ClearSpace-1 dan Vespa akan terbakar saat masuk kembali ke atmosfer bumi.

Meski ada ribuan keping sampah antariksa, ancaman paling serius justru datang dari benda-benda terbesar.

Pada Kongres Astronotika Internasional pada bulan Oktober 2020, Darren McKnight dari perusahaan Centauri mempresentasikan daftar 50 objek puing yang "secara statistik paling memprihatinkan", yang juga dilaporkan dalam jurnal Acta Astronautica.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)