Ini Palung Terdalam di Bumi, Ada Kehidupan Apa Saja di Sana?

Selasa, 27 April 2021 - 12:04 WIB
loading...
Ini Palung Terdalam di Bumi, Ada Kehidupan Apa Saja di Sana?
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Palung laut adalah cekungan di dasar laut yang ukurannya sempit, namun sangat dalam. Bentuk dari palung ini menjorok ke dalam seperti jurang.

Selain itu, karena sering disebut dengan jurang, tentu kedalamannya palung laut cukup fantastis. Sejauh ini pun ada banyak palung laut terdalam yang sudah tercatat.



Challenger Deep di Palung Mariana adalah titik terdalam yang diketahui di lautan Bumi. Palung Mariana menjadi palung yang paling dalam yang diketahui terletak di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik dekat dengan Jepang dan pulau Guam, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi.

Kedalaman palung ini sulit diukur dari permukaan. Namun pada 2010, Challenger Deep dipatok pada ketinggian 10.994 meter yang diukur oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Kehidupan Seperti Apa yang ada di Palung Mariana?

Mengutip laman Live Science, Selasa (27/4/2021), ekspedisi ilmiah baru-baru ini telah menemukan kehidupan yang sangat beragam dalam kondisi laut yang paling dalam di Bumi alias Palung Mariana.

Hewan yang hidup di bagian terdalam Palung Mariana bertahan hidup dalam kegelapan total dan tekanan ekstrem, kata Natasha Gallo, seorang mahasiswa doktoral di Scripps Institution of Oceanography yang telah mempelajari rekaman video dari ekspedisi Cameron tahun 2012 silam.



Makanan di Palung Mariana sangat terbatas, karena jurang yang dalam jauh dari daratan. Daun, kelapa, dan pepohonan jarang menemukan jalan ke dasar parit, kata Gallo, dan plankton mati yang tenggelam dari permukaan harus turun ribuan kaki untuk mencapai Challenger Deep.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2744 seconds (0.1#10.140)