Karbon Dioksida di Atmosfer Meningkat 50%, Anomali Cuaca Makin Menentu

Rabu, 12 Mei 2021 - 01:02 WIB
loading...
Karbon Dioksida di Atmosfer Meningkat 50%, Anomali Cuaca Makin Menentu
Observatorium Mauna Loa NOAA di Hawaii. Foto/NOAA
A A A
HAWAII - Awal bulan ini, karbon dioksida di atmosfer mencapai rata-rata harian 421 bagian per juta. Menurut data yang dikumpulkan Observatorium Mauna Loa Hawaii, angka ini meningkat 50% dari tingkat yang diukur sebelum revolusi industri dan membuat perubahan iklim makin tak menentu.

Pejabat NOAA kemudian mengukur keakuratan informasi, menganalisisnya dan membandingkannya dengan pengamatan historis untuk mendeteksi tren.



Pusat Informasi Lingkungan Nasional NOAA menetapkan, misalnya, bahwa pada bulan Maret suhu rata-rata di Amerika Serikat mencapai 7,5 derajat Celcius atau 2,2 derajat di atas rata-rata untuk bulan tersebut.

Secara keseluruhan, curah hujan untuk bulan Maret adalah 1,5 milimeter di bawah rata-rata selama 127 tahun catatan iklim. Hampir 44 persen dari Amerika Serikat yang berdekatan mengalami kondisi kekeringan.

"Kami akan terus mencoba memberikan informasi yang dapat dicerna dan dipahami orang dengan latensi sesedikit mungkin," kata kata Karin Gleason, ahli meteorologi dan pimpinan Pusat Nasional untuk Informasi Lingkungan, laporan iklim bulanan AS seperti dikutip Spacenews.

Selain itu, kata Gleason, pejabat NOAA menciptakan produk untuk membantu orang membuat keputusan yang lebih baik dan lebih tepat untuk menavigasi perubahan dalam industri sensitif iklim seperti energi, pertanian dan konstruksi.



Karena berbagai negara mengalami tingkat curah hujan yang sangat tinggi atau rendah yang tidak biasa dibandingkan dengan rata-rata historis.

Catatan ilmuwan, beberapa badai yang terjadi sekitar sekali dalam seratus tahun sekarang ini menjadi lebih sering terjadi. “Sungguh perlu menjelaskan apa yang terjadi saat iklim berubah dengan kecepatan berbeda di berbagai wilayah,” kata Gleason.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)