Perkiraan NOAA: Badai Dahsyat Akan Menerjang Mulai 1 Juni-30 November

Minggu, 23 Mei 2021 - 15:07 WIB
loading...
Perkiraan NOAA: Badai Dahsyat Akan Menerjang Mulai 1 Juni-30 November
Gambar satelit menunjukkan lima siklon tropis berputar di cekungan Atlantik pada hari Senin, 14 September 2020. Foto/NOAA
A A A
JAKARTA - National Oceanic dan Administrasi Atmosfer (NOAA) memperkirakan, musim badai Atlantik tahun ini yang dimulai 1 Juni hingga 30 November akan membawa gelombang badai yang lebih tinggi dari tahun 2020.

Pada Kamis 20 Mei 2021, ilmuwan NOAA memperkirakan bahwa kemungkinan besar aktivitas badai "di atas normal", dengan kemungkinan 70% dari 13 hingga 20 badai. Dari jumlah tersebut, enam hingga 10 akan menjadi topan dan sebanyak lima bisa memperkuat menjadi badai besar, dengan kecepatan angin setidaknya 179 km/jam.



Menurut Matthew Rosencrans, dari Pusat Prediksi Iklim NOAA, teknologi yang lebih baik untuk deteksi badai dan untuk memahami struktur badai juga telah mengarahkan para ahli NOAA untuk mengkalibrasi ulang standar mereka tentang seperti apa musim badai yang rata-rata dan di atas rata-rata.

Tim Riset Cuaca dan Iklim Tropis Colorado State University (CSU) merilis prediksi mereka untuk musim badai Atlantik 2021 pada 8 April, memperkirakan 17 nama badai , 8 badai dan 4 badai besar.

"Mereka harus mempersiapkan hal yang sama untuk setiap musim, terlepas dari berapa banyak aktivitas yang diperkirakan," kata CSU.

Catatan menunjukkan bahwa badai yang lebih kuat dan lebih basah menjadi lebih sering terjadi, dan semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa perubahan iklim mendorong pergeseran ini.



Kecepatan angin dalam badai yang menghantam Bermuda lebih dari dua kali lebih kuat daripada enam puluh tahun yang lalu. Mereka menarik kekuatan destruktif dari lautan yang memanas, Live Science melaporkan pada bulan Maret.

Analisis terhadap 4.000 siklon tropis selama empat dekade menunjukkan bahwa badai seperti itu lebih sering terbentuk dan semakin kuat seiring dengan kenaikan suhu global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)