Peringatan BMKG, Cuaca Ekstrem akan Melanda Wilayah Ini hingga 25 Mei

Minggu, 23 Mei 2021 - 20:02 WIB
loading...
Peringatan BMKG, Cuaca Ekstrem akan Melanda Wilayah Ini hingga  25 Mei
Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini anomali cuaca dalam tiga hari kedepan. Foto/BMKG
A A A
JAKARTA - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) mengeluarkan peringatan dini anomali cuaca dalam tiga hari kedepan. Terhitung mulai Minggu (23/5/2021) hingga Selasa 25 Mei 2021, hujan deras disertai angin kencang dan petir akan melanda sejumlah wilayah.

Kondisi ini terjadi karena adanya sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik utara Papua Barat. Siklus itu membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang dari perairan utara Maluku Utara hingga utara Papua Barat.



Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin terpantau memanjang di Sumatera bagian bagian tengah, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, serta dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Konvergensi itu juga terlihat dari Maluku hingga Maluku Utara, di Papua bagian tengah dan memanjang dari Papua Barat bagian selatan hingga Papua Barat bagian utara.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi sehingga akan menimbulkan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.



Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Senin 24 Mei 2021 meliputi: Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan pada Selasa 25 mei 2021, hujan lebat disertai angin kencang diperkirakan melanda
: Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Untuk wilayah yang terkena hujan sedang disertai petir dan angin kencang pada Senin 24 Mei 2021 meliputi: Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, dan Kalimantan Tengah.



Kemudian wilayah yang diperkirakan hujan sedang disertai angin kencang dan petir pada Selasa 25 Mei 2021 meliptui: Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Maluku Utara.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6177 seconds (0.1#10.140)