Angka Kematian Tinggi, Kasus Covid-19 Merajalela di Negara-Negara Asia Tenggara

Jum'at, 09 Juli 2021 - 22:36 WIB
loading...
Angka Kematian Tinggi, Kasus Covid-19 Merajalela di Negara-Negara Asia Tenggara
Ilustrasi Penanganan virus Covid-19 oleh tim ahli. FOTO/ IST
JAKARTA - Kawasan Asia Tenggara saat ini menghadapi krisis Covid-19 terparah karena kasus infeksi dan kematian akibat wabah mematikan itu tampaknya belum mereda, bahkan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sementara Inggris, Jerman dan Prancis siap untuk melonggarkan semua pembatasan Covid-19, situasinya berbeda di kawasan itu karena sebagian besar negara memperketat protokol kesehatan termasuk menerapkan jam malam.
BACA JUGA - Ahli Bingung Kok Bisa Sih? Obat Kutu Jadi Obat Covid-19 di Indonesia

Di Indonesia, total 38.391 kasus infeksi baru tercatat kemarin, enam kali lebih tinggi dari awal bulan ini.

Sebagian besar rumah sakit di tanah air juga telah mencapai 'tingkat maksimum', selain pasokan oksigen yang rendah dan pemerintah harus menambah kuburan untuk pasien Covid-19.

Di Thailand, jumlah kematian akibat Covid-19 juga tercatat meningkat melihat bandara diubah menjadi rumah sakit lapangan yang mampu menampung 5.000 pasien sekaligus.

Negara tetangga Myanmar juga berada di bawah ancaman Covid-19 ketika lebih dari 4.000 kasus infeksi baru dicatat untuk pertama kalinya kemarin dan situasi serupa terjadi di Kamboja.

Sementara itu, rendahnya tingkat pelaksanaan tes skrining di Filipina dan Myanmar juga berkontribusi pada peningkatan tajam kasus di kawasan Asia Tenggara.



Sementara itu di Vietnam, pemerintah memutuskan untuk menerapkan jam malam di Ho Chi Minh mulai hari ini.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA