WHO Umumkan Varian Baru Covid-19 yang Melebihi Delta Telah Terdeteksi

Sabtu, 17 Juli 2021 - 06:04 WIB
loading...
WHO Umumkan Varian Baru Covid-19 yang Melebihi Delta Telah Terdeteksi
Ketua peneliti WHO Didier Houssin . FOTO/ IST
A A A
GENEWA - Komite Darurat Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) hari Kamis memperingatkan bahwa varian terbaru Covid -19 yang lebih baru dan lebih berbahaya diperkirakan akan menyebar ke seluruh dunia.

Menurut peneliti dalam sebuah pernyataan, pandemi dipandang belum berakhir di dunia.


Seperti dilansir dari AFP, Menyusul pengumuman tersebut, juga menjadi kabar buruk bagi beberapa negara yang sedang berjuang untuk mencegah gelombang infeksi Covid-19 yang disebabkan oleh varian baru dari India yakni Delta.

Ketua peneliti WHO Didier Houssin juga mengaku kepada wartawan bahwa tren penularan pandemi semakin mengkhawatirkan.

Dia mengatakan WHO telah mendeklarasikan Darurat Kesehatan Masyarakat Setelah Kekhawatiran Internasional untuk pertama kalinya dalam satu tahun dan enam bulan lalu, peringatan tertinggi yang dikeluarkan oleh badan dunia itu.

Namun, kata dia, virus Covid-19 masih memburu manusia. Sejauh ini, empat varian yang mendominasi penularan Covid-19 di dunia adalah Alpha dari Inggris, Beta dari Afrika Selatan, Gamma dari Brasil, dan Delta dari India.

Namun, panitia memperingatkan bahwa varian baru yang cenderung lebih berbahaya akan muncul dan lebih sulit dikendalikan.

WHO mencatat penggunaan masker, penahanan fisik, kebersihan tangan dan ruang ventilasi di gedung-gedung adalah kunci untuk mengurangi infeksi Covid-19.

Ia juga mencatat pentingnya memvaksinasi setidaknya 10 persen dari populasi di setiap negara pada September mendatang dan negara-negara kaya berbagi vaksin Covid-19 dengan negara-negara miskin.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2375 seconds (0.1#10.140)