SpaceX Dapat Kontrak dari NASA untuk Jelajahi Jupiter

Senin, 26 Juli 2021 - 00:11 WIB
loading...
SpaceX Dapat Kontrak dari NASA untuk Jelajahi Jupiter
Roket SpaceX. FOTO/ IST
NEW YORK - Perusahaan roket swasta milik Elon Musk, SpaceX , telah mendapatkan kontrak layanan peluncuran senilai USD178 juta untuk misi pertama Badan Antariksa dan Penerbangan Nasional (NASA) ke planet Jupiter.

Seperti dilansir dari Reuters, Misi tersebut bertujuan untuk mempelajari apakah bulan dingin Europa dapat menjadi tempat yang ideal untuk menjalani kehidupan.

Europa adalah salah satu bulan Galilea terkecil Jupiter. BACA JUGA - WHO Berharap Delta Akan Dilemahkan Varian Terbaru Covid-19

Misi Europa Clipper diharapkan lepas landas pada Oktober 2024 menggunakan roket Falcon Heavy milik perusahaan Musk, Space Exploration Technology di Kennedy Space Center NASA di Florida.



Di antara tujuan misi tersebut adalah untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi dari permukaan Europa, menentukan komposisinya, mencari tanda-tanda aktivitas geologis dan menentukan kedalaman dan salinitas lautannya.

April lalu, SpaceX dianugerahi kontrak senilai USD2,9 miliar untuk membangun pesawat ruang angkasa pendaratan bulan yang dirancang untuk membawa astronot NASA kembali ke bulan untuk pertama kalinya sejak 1972.

Namun, kontrak tersebut ditangguhkan setelah dua perusahaan antariksa yang bersaing, Blue Origin milik Jeff Bezos dan kontraktor pertahanan Dynetics keberatan dengan pemilihan SpaceX.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA