Elon Musk Ungkap Proyek Ambisius, Kirim 1 Juta Manusia ke Mars

Selasa, 13 Februari 2024 - 20:35 WIB
loading...
Elon Musk Ungkap Proyek Ambisius, Kirim 1 Juta Manusia ke Mars
Elon Musk mengungkap rencana ambisius mendirikan koloni manusia di Mars. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Pendiri SpaceX Elon Musk menyatakan rencana ambisius untuk mendirikan koloni manusia di Mars dalam beberapa tahun mendatang. Tak tanggung-tanggung, Musk berencana mengirim 1 juta orang ke Planet Merah.

Pernyataan ini disampaikan Musk lewat media sosial sebagai respons terhadap pertanyaan tentang kemampuan roket Starship milik SpaceX, yang diklaim akan menjadi kunci dalam mencapai tujuan ke Mars.

"Suatu hari nanti, perjalanan ke Mars akan seperti penerbangan melintasi negara," tulis Musk di X dilansir dari Hindustan Times, Selasa (13/2/2024).

Impian untuk mendirikan koloni di Mars bukanlah hal baru. Musk telah lama menyatakan niatnya untuk membuat umat manusia multi-planet. Dia seringkali menyebut bahwa permukiman manusia di Mars sebagai asuransi untuk peradaban. Namun, pernyataan terbarunya menunjukkan SpaceX sedang bekerja serius untuk mewujudkan visi ini menjadi kenyataan dalam beberapa tahun mendatang.



Pekan lalu, Musk memprediksi Starship bisa mencapai Bulan dalam waktu lima tahun. Dia juga mencatat kapsul Crew Dragon milik SpaceX akan membawa astronot lebih jauh ke luar angkasa daripada yang pernah dilakukan oleh siapa pun dalam lebih dari 50 tahun. Meskipun ambisius, Musk mengakui mendirikan peradaban yang mandiri di Mars akan membutuhkan upaya dan inovasi yang besar.

Dia sebelumnya juga membahas rencana untuk membangun pangkalan permanen di Bulan di masa depan. "Manusia harus memiliki pangkalan bulan, kota di Mars, dan berada di luar sana di antara bintang-bintang," tulis Musk pada Desember 2023.



Meskipun Musk dikenal dengan bualannya, perusahaan-perusahaannya telah mencapai tonggak sejarah yang dahulu dianggap mustahil, seperti roket orbital yang dapat digunakan kembali. Namun, visi Mars menghadapi tantangan teknis yang menakutkan.

Penerbangan uji Starship baru-baru ini berakhir dengan kecelakaan fatal, menunjukkan kemajuan tetap lambat. Musk berharap uji coba ketiga tahun ini akan mencapai orbit, membuktikan kemampuan wahana tersebut.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)