Sains, Kunci Rahasia China Pimpin Perolehan Medali Olimpiade

Minggu, 08 Agustus 2021 - 11:00 WIB
loading...
A A A
Tahapan ketiga beralih pada tahapan terobosan cepat. Hal ini dilakukan karena pada 2008, China menjadi tuan rumah Olimpiade. Berbagai terobosan dilakukan agar China bisa menjadi juara di rumahnya sendiri.

"Pada Olimpiade Beijing 2008, kami mencapai tujuan peringkat pertama di dunia dalam medali emas dan medali, meningkatkan kekuatan komprehensif olahraga kompetitif, membentuk citra internasional yang baik, dan membuat lompatan bersejarah dalam daya saing internasional olahraga kompetitif," tulis dokumen itu.



Sains, Kunci Rahasia China Pimpin Perolehan Medali Olimpiade


Setelah Olimpiade Beijing 2008, China langsung beralih pada tahapan keempat yakni transformasi dan peningkatan perkembangan menyeluruh. Di tahapan inilah dukungan sains dan teknologi, terutama teknologi luar angkasa digunakan. Momen ini jadi waktu yang tepat karena China sudah memiliki sains dan teknologi yang mumpuni. Teknologi luar angkasa mereka sudah sama dahsyatnya dengan Amerika Serikat, Rusia dan Eropa.

Sementara Dr Geoff Dickson, Director of the Centre for Sport and Social Impact at La Trobe University, kepada ABC mengatakan selain adanya dukungan sains dan teknologi, China juga menjalankan kebijakan khusus dalam melatih atlet-atlet mereka. Kebijakan "Invite-in and go-out". China selalu mengundang atlet-atlet terbaik di dunia untuk datang ke China dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Di saat yang bersamaan mereka juga keluar kandang untuk mencari tahu apa kelebihan atlet negara lain dan kekurangan mereka.

"Mereka mencatat semuanya dengan teliti dan mempelajarinya dengan baik," ujar Dr Geoff Dickson.

Terakhir Dr Geoff Dickson tidak memungkiri masalah nasionalisme adalah satu hal yang tidak bisa ditukar. Nasionalisme para atlet China sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Hal ini juga yang membuat mereka selalu berupaya keras di semua cabang olahraga yang mereka geluti. "Atlet memiliki posisi yang tinggi di China," jelasnya.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)