5 Misteri Candi Borobudur yang Belum Terungkap hingga Kini

Minggu, 03 Oktober 2021 - 12:26 WIB
loading...
5 Misteri Candi Borobudur yang Belum Terungkap hingga Kini
Di samping kemegahan arsitekturnya, ternyata Candi Borobudur masih menyimpan misteri yang belum terungkap hingga kini. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia peninggalan nenek moyang orang Indonesia. Di samping kemegahan arsitekturnya, ternyata Candi Borobudur masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap.

Dikutip dari laman Trussty, Candi Borobudur ditemukan pertama kali pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, seorang gubernur jenderal Inggris yang memerintah di Jawa pada waktu itu.

Candi tersebut diperkirakan dibangun selama 100 tahun. Sejauh ini, bagaimana candi tersebut dibangun juga belum bisa dijelaskan secara pasti.

Namun berdasarkan pengamatan para arkeolog, dulunya candi ini memiliki 1 stupa raksasa di tengahnya. Karena khawatir akan runtuh karena tekanan yang terlalu berat, maka stupa raksasa ini diubah menjadi 1 stupa besar dengan 3 tingkat stupa kecil-kecil di sekitarnya.



Bukan hanya soal konstruksinya saja yang masih menjadi misteri, namun ada beberapa penemuan lain yang masih menjadi tanda tanya besar hingga saat ini, berikut 5 di antaranya:

1. Ukiran UFO di Relief Candi

5 Misteri Candi Borobudur yang Belum Terungkap hingga Kini


Dari beberapa peninggalan purbakala dunia yang memiliki relief menggambarkan penampakan UFO atau piring terbang, ternyata Candi Borobudur salah satunya. Tapi belum bisa dipastikan, kenapa dibuat pola seperti itu. Apakah itu memang benda UFO yang dimaksud atau simbol lain.

Beberapa ahli berpendapat bahwa piring terbang yang berbentuk seperti itu bisa menjadi simbol dari 7 permata kerajaan dalam kosmologi Buddhis tetapi masih belum ada bukti yang sah dari pernyataan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)