Barang Mewah Pada Zamannya, Toilet Kuno Berusia 2.700 Ditemukan di Yerusalem

Rabu, 06 Oktober 2021 - 10:24 WIB
loading...
Barang Mewah Pada Zamannya, Toilet Kuno Berusia 2.700 Ditemukan di Yerusalem
Toilet pribadi ditemukan oleh Otoritas Barang Antik Israel selama penggalian arkeologi di dekat kompleks wisata Beit Shatz di Armon Hanatziv di Yerusalem. Foto/dok
A A A
YERUSALEM - Kota Yerusalem ternyata memiliki peninggalan arkeologi yang melimpah hingga kini. Baru-baru ini arkeolog menemukan toilet mewah yang erasal dari abad ke-7 SM atau sekitar 2.700 tahun lalu.

Dilansir IFL Science, Rabu (6/10/2021), toilet pribadi ditemukan oleh Otoritas Barang Antik Israel selama penggalian arkeologi di dekat kompleks wisata Beit Shatz di Armon Hanatziv di Yerusalem.

Penggunaan toilet sangat langka di dunia kuno, hanya orang-orang sangat kaya atau pejabat kerajaan yang kemungkinan besar menggunakannya.



Fakta dari penemuan ini, toilet pribadi menjadi simbol status nyata untuk budaya kuno ini yang hanya diberikan oleh elit paling bergengsi.

“Bilik toilet pribadi sangat langka di zaman kuno, dan hanya sedikit yang ditemukan hingga saat ini, kebanyakan di Kota Daud," kata Yaakov Billig, Direktur Penggalian atas nama Otoritas Barang Antik Israel.

Toilet kuno ini ditemukan di antara reruntuhan bangunan yang menghadap Kota Daud di lokasi pemukiman paling awal Yerusalem, dan Temple Mount, situs suci penting yang dihormati dalam Yudaisme, Kristen, dan Islam.

Barang Mewah Pada Zamannya, Toilet Kuno Berusia 2.700 Ditemukan di Yerusalem


Kamar mandinya terdiri dari ruangan berbentuk persegi panjang dengan toilet duduk yang diukir dari batu kapur. Di bawah toilet, tim menemukan septic tank besar berisi koleksi tembikar dari periode dan sejumlah tulang binatang.

Para peneliti mengatakan dengan menganalisis isi tangki ini dapat mengungkapkan beberapa wawasan berharga tentang gaya hidup, kesehatan, dan penyakit pada periode ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5350 seconds (0.1#10.140)