Geger, Ikan Lele Raksasa Berwarna Kuning Ditemukan di Danau Belanda

Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:04 WIB
loading...
Geger, Ikan Lele Raksasa Berwarna Kuning Ditemukan di Danau Belanda
Seorang pemancing profesional Martin Glatz berhasil menangkap ikan lele raksasa langka berwarna kuning di sebuah danau di Belanda. Foto/dok
AMSTERDAM - Seorang pemancing profesional Martin Glatz berhasil menangkap ikan lele raksasa langka berwarna kuning di sebuah danau di Belanda. Menurut peneliti, ikan lele tersebut kemungkinan memiliki kelainan genetik langka yang disebut leucism.

Dikutip dari Live Science, Kamis (21/10/2021), Glatz mendapatkan ikan langka tersebut ketika sedang menekuni hobi memancing bersama saudara kembarnya, Oliver. "Saya belum pernah melihat ikan lele seperti itu sebelumnya," kata Glatz.

Menurut Field & Stream, Whopper adalah ikan lele wels (Silurus glanis), spesies besar yang berasal dari danau dan sungai di seluruh Eropa.

BACA: Ilmuwan Ungkap Dampak Tumbukan dari Asteroid Pemusnah Dinosaurus



Ikan ini dikenal karena ukurannya yang sangat besar, mereka dapat tumbuh hingga sepanjang 2,7 meter dan beratnya hampir 130 kilogram, menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA).

"Tapi ikan yang ditangkap Glatz ini merupakan ikan yang langka karena warna kuningnya. Kebanyakan lele wels memiliki tubuh hitam kehijauan gelap, dengan beberapa bintik-bintik kuning," kata NOAA.

Lele berwarna kuning ini bukan pertama kali ditemukan di dunia, pada tahun 2017, seekor ikan lele kuning leucistic terlihat di Sungai Mississippi di Iowa, menjadi berita utama di surat kabar lokal Herald & Review saat itu.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA