Belalang Anggrek, Serangga Menawan yang Sangat Mematikan

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 12:02 WIB
loading...
A A A
Belalang Anggrek, Serangga Menawan yang Sangat Mematikan


Para ilmuwan juga mengamati bagaimana penyerbuk liar berperilaku di sekitar belalang anggrek hidup di hutan. Para peneliti melihat lebih dari selusin serangga terbang yang cukup dekat dengan belalang anggrek sehingga para belalang itu dapat menangkap mangsa yang tidak curiga.

"Kami sekarang tahu bahwa belalang itu pandai memikat serangga penyerbuk. Bahkan mereka dapat menarik lebih banyak serangga penyerbuk daripada bunga anggrek itu sendiri," katanya.



O'Hanlon sangat terkesan dengan bagaimana cara belalang anggrek mendapatkan mangsa. "Ini adalah satu-satunya hewan di dunia yang diketahui menyerupai bunga mekar untuk menarik mangsanya," tambah O'Hanlon.

Memang ada hewan lain yang berkamuflase seperti bunga tetapi tidak benar-benar menarik serangga penyerbuk. Belalang anggrek unik karena belalang itu sendiri adalah yang menarik.

"Ini berarti belalang dapat duduk jauh dari bunga, mungkin pada daun atau kulit kayu, dan masih memikat penyerbuk," ujarnya.

Selanjutnya O'Hanlon dan rekan-rekannya Gregory Holwell dan Marie Herberstein menerbitkan temuannya ini di jurnal American Naturalist.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)