Mengenal 13 Jenis Ular Piton di Indonesia

Kamis, 04 November 2021 - 09:01 WIB
loading...
Mengenal 13 Jenis Ular Piton di Indonesia
Beragam jenis ular piton di Indonesia , mulai dari ular sanca hingga ular puraca.
A A A
JAKARTA - Terdapat beragam jenis ular piton di Indonesia , mulai dari ular sanca hingga ular puraca. Hasil temuan ini dirangkum berdasarkan data yang diambil dari Reptile Database dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengenai jenis ular piton di Indonesia.

BACA JUGA - Alasan Kuat Ahli Sebut Ular Raksasa Masih Hidup di Amazon dan Kalimantan

Dari video yang diambil tim SINDOnews di Riau pada Selasa (26/10), ular piton di Indonesia bahkan bisa mencapai 4 meter panjangnya, sehingga perlu dilakukan evakuasi sebab hewan melata ini masuk dalam kolam ikan milik warga setempat.

Berikut ini 13 jenis ular piton di Indonesia.

1.Ular Sanca Batik

Seperti namanya, ular sanca batik memiliki corak motif batik di tubuhnya. Jenis ular ini bernama latin phyton reticulatus. Tidak hanya ditemukan di Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku, ular sanca batik juga tersebar di sejumlah negara di Asia Tenggara serta termasuk kedalam salah satu reptil terpanjang di dunia hingga 8 meter.

2. Ular Sanca Bondo

Ular sanca bondo atau phyton burma bernama latin phyton bivittatus. IUCN menyebut jenis ular ini masuk salah satu ular yang paling rentan sebab sulit ditemukan di habitat aslinya yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali karena tingkat jual beli yang tinggi.

3. Ular Sanca Darah

Jenis ular ini menyerupai warna merah darah sehingga disebut sanca darah. Bernama latin phyton brongersmai dengan ciri bertumbuh pendek dengan maksimal panjang 3 meter serta bertumuh gemuk dan banyak ditemukan di Sumatera.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2262 seconds (10.101#12.26)