Mengenal 13 Jenis Ular Piton di Indonesia

Kamis, 04 November 2021 - 09:01 WIB
loading...
A A A
4. Ular Sanca Darah Hitam

Ular sanca darah hitam punya nama latin pyhton curtus. Memiliki ciri tubuh yang sama dengan ular sanca darah, bedanya hanya terletak pada warna bagian tubuhnya dan sama-sama ditemukan di Sumatera. Peminat dari jenis ular ini termasuk tinggi sebab kulit ular sanca darah hitam banyak digunakan dalam pembuatan tas dan sepatu.

5. Ular Sanca Bulan

Bercorak garis-garis kuning vertikal menyerupai bulan dengan nama latin similia boeleni. Jenis ular ini relatif berukuran kecil dengan panjang sekitar 3 meter dan banyak ditemukan di hutan pengungan papua.

6. Ular Sanca Hijau

Sama seperti ular sanca bulan, ular sanca hijau juga ditemukan di Papua khususnya pada pepohonan guna mengelabui diri dari warna dedauan yang berwarna hijau. Bernama latin morelia viridis.

7. Ular Sanca Pelangi

Ular sanca pelangi bernama latin liasis fuscus dan ditemukan di Papua.
Jika dilihat sekilas, sebenarnya bentuk fisik dari ular sanca pelangi tidak seperti namanya, melainkan berwarna cokelat. Namun jika ular ini terkena cahaya, bias dari tubuhnya akan menyerupai pelangi. Walaupun begitu, kita akan kesulitan melihat warna pelangi dari sanca pelangi karena mereka cenderung aktif di malam hari dan bersembunyi di siang hari di sekitar sungai.

8. Ular Sanca Mata Putih

Ular jenis ini juga tersebar di Papua, bernama latin Liasis savuensis, berukuran sekitar 1,5 meter sehingga masuk dalam salah satu piton terkecil di dunia. Seperti namanya, ular sanca mata putih memiliki warna putih pada bagian matanya. Karena berukuran kecil, mereka hanya bisa memangsa tikus dan hewan berukuran sedang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)