Mengenal 13 Jenis Ular Piton di Indonesia

Kamis, 04 November 2021 - 09:01 WIB
loading...
A A A
9. Ular Sanca Cokelat

Warna cokelat dari ular sanca ini akan berkilau seiring dengan sinar matahari yang menyinarinya. Banyak ditemukan di kedalaman hutan Papua, bernama latin Leiophyton albertisii dengan panjang yang tidak mencapai 2,5 meter.

10. Ular Sanca Permata

Dinamakan permata sebab sisik dari ular ini cenderung terang dan berkilau menyerupai permata. Berhabitat di Papua, bernama latin morelia amethistina, dan berukuran rata-rata 5 meter walaupun pernah menginjak angka sepanjang 8,5 meter.

11. Ular Piton Halmahera

Bernama latin morelia tracyae. Ular piton Halmahera punya ciri-ciri yang sama denga ular sanca permata. Bedanya jenis ini hanya tersebar di wilayah Halmahera saja, yaitu pada Ternate, Tidore, dan Tanimbar.

12. Ular Piton Maluku

Seperti namanya, ular piton maluku ditemukan di wilayah Maluku dan sekitarnya dengan ciri berwarna cokelat kekuningan berwarna terang disekujur tubuhnya dan bernama latin morelia clastolepis.

13. Ular Piton Puraca

Ular piton puraca kerap disebut ripung atau liping oleh warga sekitar di mana ular ini tersebar , yaitu pada Kepulauan Borneo dengan warna dominan coklat. Memiliki panjang kurang dari 3 meter dengan nama latin python breitensteini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)