160 Planet Mirip Bumi Ditemukan, Ilmuwan Butuh Teleskop Canggih Untuk Mengintipnya

Sabtu, 06 November 2021 - 13:09 WIB
Saat ini astrofisikawan menemukan 4.500 exoplanet yang 160 diantaranya merupakan planet berbatu yang mirip bumi. Foto/dok
JAKARTA - Astrofisikawan Caltech merekomendasikan NASA agar membangun teleskop baru untuk menemukan planet kembaran bumi . Teleskop canggih ini untuk mengetahui kondisi sekitar 160 planet berbatu yang mirip dengan bumi.

Dikutip dari Live Science, setiap 10 tahun, Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional memberi saran kepada lembaga pemerintah, seperti NASA dan National Science Foundation, mengenai tujuan penelitian apa yang harus diprioritaskan para astronom dalam dekade mendatang.

Para penasihat merilis laporan terbaru mereka dan menyoroti tiga prioritas penelitian utama: untuk lebih memahami sifat lubang hitam dan bintang neutron, bagaimana galaksi terbentuk dan berevolusi.

Penelitian juga untuk mengidentifikasi " dunia mirip Bumi yang dapat dihuni" dan tanda-tanda biokimia kehidupan di sistem planet lain.

Astrofisikawan Caltech Fiona Harrison yang ikut memimpin komite tersebut mengatakan, peluang ilmiah paling menakjubkan adalah kemungkinan dapat menemukan kehidupan di planet lain yang mengorbit bintang di lingkungan galaksi bima sakti.

Mereka merekomendasikan bahwa, untuk menemukan planet seperti itu, NASA harus membangun teleskop yang lebih canggih dari Teleskop Luar Angkasa Hubble dan dilengkapi dengan sensor inframerah, optik, dan ultraviolet. Teleskop baru ini akan menelan biaya sekitar USD11 miliar dan diluncurkan pada awal 2040-an.

"Dengan teleskop seperti itu, kita akan melihat titik-titik kecil yang berbeda," kata Bruce Macintosh, astrofisikawan di Stanford dan anggota komite, mengatakan kepada The Atlantic.

Kemudian, dengan menganalisis cahaya yang dipantulkan dari planet ekstrasurya, para ilmuwan dapat mengetahui komposisi kimia atmosfernya. Bukti atmosfer oksigen, metana, dan air dapat mengisyaratkan keberadaan kehidupan di planet ini.

Jonathan Fortney, seorang ilmuwan planet di University of California, Santa Cruz mengatakan, saat ini ada 4.500 exoplanet di tata surya dan ada sekitar 160 planet yang berbatu seperti bumi.

"Dengan kemampuan untuk menemukan dan menganalisis atmosfer dunia yang jauh, kami memiliki rute untuk dapat mulai menjawab pertanyaan, kita tidak sendirian di tata surya?" katanya.