Berolahraga Membantu Kurangi Stres pada Remaja, Syaratnya Dilakukan Tanpa Paksaan

Rabu, 10 November 2021 - 08:24 WIB
loading...
Berolahraga Membantu Kurangi Stres pada Remaja, Syaratnya Dilakukan Tanpa Paksaan
Olahraga menjadi salah satu kunci untuk mengurangi stres pada remaja. Foto/Ilustrasi/Freepic
A A A
BASEL - Masa remaja adalah periode kehidupan yang penuh tantangan. Konflik dengan orang tua atau teman sebaya, kemurungan, dan kerap terlibat dalam perilaku berisiko. Kerentanan terhadap stres jauh lebih menonjol selama masa remaja.

Bagaimana untuk mengurangi stres pada remaja, agar dapat menikmati hidup lebih baik? Peneliti dari Departemen Olahraga, Latihan dan Kesehatan serta Fakultas Psikologi di Universitas Basel menemukan kuncinya. (Baca juga; Cegah Stres, Lakukan 5 Langkah Mudah dan Efektif Berikut Ini )

Setelah melakukan serangkaian eksperimen terhadap 864 anak muda di Swiss berusia antara 16 dan 25 tahun, jawaban untuk mengurangi stres pada remaja adalah berolahraga. Tapi ada syaratnya, keinginan untuk beraktivitas olahraga harus datang dari dalam diri remaja itu sendiri, bukan karena paksaan.

"Inilah yang menjadi tujuan penelitian kami. Kami ingin menunjukkan bagaimana olahraga - asalkan itu dimotivasi secara intrinsik - dapat membantu orang mengelola stres dengan lebih baik," kata Silvia Meyer, seorang peneliti dari Universitas Basel dikutip dari laman news-medical, Rabu (10/11/2021).

Silvia Meyer melihat bahwa motivasi intrinsik tidak hanya untuk membuat remaja menjadi lebih bersemangat berolahraga, tetapi juga untuk mendapatkan efek positif lainnya dari aktivitas fisik. Salah satunya dari sisi kesehatan bagi tubuh. (Baca juga; Olah Almond Jadi Penangkal Cemas dan Stress )

Motivasi intrinsik didefinisikan sebagai tindakan yang didorong dari dalam diri seseorang: misalnya bahwa aktivitas olahraga itu menyenangkan. Motivasi intrinsik ini menyebabkan seseorang menjadi aktif secara fisik dan dalam jangka panjang melakukannya secara teratur. Jadi motivasi positif dari dalam diri sangat penting bagi remaja untuk menghadapi stres.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3801 seconds (0.1#10.140)