3 Detik Latihan Dumbbell Setiap Hari, Mampu Tingkatkan Kebugaran dan Kurangi Efek Penuaan

Selasa, 08 Februari 2022 - 20:07 WIB
loading...
3 Detik Latihan Dumbbell Setiap Hari, Mampu Tingkatkan Kebugaran dan Kurangi Efek Penuaan
Sebuah studi baru menunjukkan bahwa latihan atau mengangkat dumbbell sekali atau dua kali sehari sudah cukup untuk mengurangi efek penuaan. Foto/Newatlas
A A A
MENEMUKAN waktu untuk pergi ke gym atau menyelesaikan latihan di rumah bisa menjadi tugas yang sulit bagi orang-orang yang sibuk. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa latihan atau mengangkat dumbbell sekali atau dua kali sehari sudah cukup untuk mengurangi efek penuaan .

Penelitian ini dilakukan para ilmuwan Universitas Edith Cowan Australia dan Universitas Kesehatan dan Kesejahteraan Niigata Jepang. Penelitian melibatkan sekitar 39 mahasiswa yang sehat untuk melakukan bicep curl secara maksimal selama tiga detik sehari, lima hari seminggu, selama empat pekan. Mereka dibandingkan dengan 13 mahasiswa lainnya tidak melakukan latihan selama periode yang sama.

Subyek dalam kelompok latihan diminta untuk menyelesaikan salah satu dari tiga jenis latihan bicep curls, yaitu concentric curl, eccentric curl, dan isometric curl. Para peneliti mengukur kekuatan kontraksi maksimum dari otot-otot subjek baik sebelum dan sesudah periode empat minggu.



Hasilnya, ada perubahan yang signifikan. Kekuatan otot mereka secara keseluruhan meningkat 11,5 persen. Secara detail digambarkan, kekuatan konsentris (meningkat 12,8 persen), kekuatan isometrik (10,2 persen) dan kekuatan eksentrik (12,2 persen). Penelitian ini dipublikasikan di Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports.

“Meskipun mekanisme yang mendasari efek kuat kontraksi eksentrik belum jelas. Faktanya hanya tiga detik dengan kontraksi eksentrik maksimal sehari mampu meningkatkan kekuatan otot dalam waktu yang relatif singkat penting untuk kesehatan dan kebugaran,” kata Profesor Ken Nosaka dari Universitas Edith Cowan dikutip SINDOnews dari laman Newatlas, Selasa (8/2/2022).

Para ilmuwan mengatakan temuan ini bisa terbukti penting untuk mencegah hilangnya massa otot dan kekuatan yang terkait dengan penuaan. Mereka membayangkan jika efek yang sama dapat direplikasi pada kelompok otot lain, itu bisa mengarah pada cara yang sangat efisien untuk bekerja di seluruh tubuh.



“Kami belum menyelidiki otot lain, tetapi jika kami menemukan aturan tiga detik juga berlaku untuk otot lain, maka Anda mungkin dapat melakukan latihan seluruh tubuh dalam waktu kurang dari 30 detik,” kata Nosaka.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)