Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus

Minggu, 21 November 2021 - 13:02 WIB
loading...
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
Perbedaan komodo dengan biawak bisa dilihat dari habitat dan bentuknya yang sedikit berbeda. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Perbedaan komodo dengan biawak bisa dilihat dari habitat dan bentuknya yang sedikit berbeda, komodo hanya hidup di sekitar pulau NTT sedangkan habitat biawak berada di sungai atau rawa-rawa di kawasan Asia dan Australia.

Dikutip dari Daily Science Journal, komodo dan biawak sebenarnya berasal dari genus yang sama, yakni genus Varanus. Komodo bisa dibilang, salah satu dari 80 spesies karnivora yang masih satu keluarga dengan biawak dan masuk kedalam genus Varanus Komodoensis.

Komodo pertama kali diketahui ketika orang Eropa menjelajahi Indonesia mengikuti rumor buaya yang hidup di darat di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) padatahun 1910.



Makalah pertama tentang komodo diterbitkan dua tahun kemudian ketika direktur Museum Zoologi di Jawa menerima sampel spesimen dari seorang kolektor.

Seekor komodo diketahui membutuhkan waktu hingga sembilan tahun untuk menjadi dewasa dan dapat hidup selama sekitar 30 tahun. Seperti biawak lainnya, komodo berkembang biak dengan kawin sekitar kuartal kedua atau ketiga tahun ini (antara Mei dan Agustus) dan kemudian bertelur di lubang bersarang sekitar bulan September.

Satu komodo dapat menghasilkan sekitar 20 telur per musim dan akan mengerami telurnya hingga delapan bulan. Ketika komodo muda lahir, mereka rentan dimangsa komodo lainnya karena reptil ini memang dikenal sebagai hewan karnivora yang buas.

Berbeda dengan biawak air yang kulitnya digunakan untuk aneka kerajinan tangan, kulit komodo tidak terlalu cocok untuk produk kulit. Kulitnya memiliki tulang kecil yang disebut “osteoderm” yang akan melindunginya dari pemangsa.

Komodo adalah biawak terbesar yang masih ada, dengan panjang bisa mencapai 3 meter dan berat sekitar 70 kilogram. Sebelum biawak, ada genus Megalania yang punah 50.000 tahun lalu yang memiliki panjang 7 meter dan berat hingga 620 kilogram.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)