Lebih Murah, Yodium Akan Dipakai untuk Roket Pesawat Luar Angkasa

Rabu, 24 November 2021 - 09:25 WIB
loading...
Lebih Murah, Yodium Akan Dipakai untuk Roket Pesawat Luar Angkasa
ThrustMe berhasil melakukan uji coba terhadap penggunaan yodium untuk mendorong roket ke luar angkasa. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sebuah perusahaan teknologi roket ThrustMe berhasil melakukan uji coba terhadap penggunaan yodium untuk mendorong roket ke luar angkasa. Bahan yodium dinilai paling efisien dibanding xenon dan kripto yang saat ini digunakan sebagai bahan bakar roket.

Dikutip dari IFL Science, Selasa (23/11/2021), penggunaan yodium telah diusulkan selama 50 tahun sebagai propelan yang lebih cocok daripada xenon dan kripton yang saat ini digunakan. Demonstrasi pertama yang sukses dari perusahaan Prancis ThrustMe dari pendorong yodium di luar angkasa telah dilaporkan di Nature.

Percobaan berlangsung setahun yang lalu ketika satelit CubeSat seberat 20 kilogram meningkatkan ketinggiannya 200-400 meter (656-1.312 kaki) pada masing-masing dari 11 tembakan.



Propelan dari yodium belum memberikan tenaga yang kuat untuk memungkinkan pesawat lepas landas. Namun, begitu berada di luar angkasa , mereka jauh lebih efisien daripada roket untuk melakukan penyesuaian dan juga telah digunakan untuk peningkatan kecepatan yang lambat seperti pada misi eksplorasi asteroid.

Xenon saat ini merupakan propelan yang dominan, sebagian karena energi ionisasinya yang rendah. Namun xenon terlalu mahal dan perlu disimpan dalam tangki bertekanan tinggi.

Yodium memiliki energi ionisasi yang lebih rendah daripada xenon. Zat ini juga dapat disimpan dalam bentuk padat dan diubah menjadi gas hanya dengan sedikit pemanasan.

Banyak ilmuwan telah memperhatikan potensi yodium dan mempelajari kepraktisannya di Bumi. Sayangnya, yodium sangat reaktif, menimbulkan ancaman bagi bagian logam dalam pendorong dan, bila disimpan sebagai padatan, cenderung pecah dengan dapat mengganggu alirannya roketnya.



ThrustMe sebelumnya telah mencoba untuk menyimpan yodium dalam blok keramik aluminium oksida sebelum dipanaskan. Makalah Nature menegaskan bahwa ide itu juga berhasil di ruang angkasa , di mana itu penting.

Setelah dipanaskan, yodium diionisasi menggunakan antena induktif frekuensi radio, mempercepat reaksi berantai dan menghasilkan ion yang kemudian dipercepat menggunakan medan listrik 800-1.300 Volt. Propelan yang dihasilkan memiliki nilai power to weight yang lebih baik dibandingkan xenon.

ThrustMe mengakui xenon masih menawarkan waktu mulai yang lebih cepat, keuntungan dalam keadaan darurat. Namun masih ada harapan yodium akan menjadi teknologi yang membawa manusia ke Mars.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)