Varian Omicron: Mutasi dan Dampak yang Perlu Diketahui

Selasa, 30 November 2021 - 15:50 WIB
loading...
A A A
Efektivitas vaksin
Para ahli khawatir bahwa vaksin kurang efektif untuk menghadapi varian Omicron karena punya banyak mutasi pada protein peplomer (protein lonjakan). Namun, vaksin tetap mampu memberikan perlindungan terhadap mutasi varian baru Omicron.

Dalam virologi protein peplomer adalah protein yang membentuk struktur besar yang dikenal sebagai lonjakan atau peplomer. Peplomer bagian protein yang menonjol dari permukaan virus yang diselimuti. Protein ini biasanya dikenal glikoprotein yang membentuk dimer atau trimer.

“Kami cukup yakin bahwa mutasi ini akan menyebabkan penurunan dalam netralisasi antibodi atau kemampuan antibodi untuk menghentikannya virus yang menyerang sel manusia,” Jesse Bloom, ahli biologi evolusi di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson di Seattle, kepada New York Times.

Para peneliti di seluruh dunia sedang bekerja untuk memahami seberapa efektif vaksin terhadap varian Omicron. Moderna dan Pfizer-BioNTech juga sedang mengembangkan vaksin COVID-19 baru berdasarkan pada teknologi mRNA yang lebih cepat dikembangkan dibandingkan dengan vaksin sebelumnya.

"Hal yang luar biasa tentang vaksin mRNA, platform Moderna, adalah dapat bergerak sangat cepat. Jika kita harus membuat vaksin baru, saya pikir itu baru terwujud pada awal 2022, sebelum tersedia dalam jumlah besar," kata Paul Burton, Kepala Petugas Medis Moderna.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)